Damkar Sigap Atasi Karhutla

  • Bagikan
SIAGA : Personel Damkar Konawe saat memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Pondidaha, beberapa hari lalu. (DOK. ADI HIDAYAT/KENDARI POS)
SIAGA : Personel Damkar Konawe saat memadamkan kebakaran lahan di Kecamatan Pondidaha, beberapa hari lalu. (DOK. ADI HIDAYAT/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kebakaran lahan rentan terjadi pada beberapa wilayah saat kemarau panjang. Embusan angin juga membuat kobaran api sulit dijinakkan. Kesigapan petugas pemadam kebakaran (Damkar) diperlukan dalam situasi tersebut. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) dan Damkar Konawe terus sigap dan siaga mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah tersebut.

Kasatpol-PP dan Damkar Konawe, Agus Suyono, melalui Kepala Bidang (Kabid) Damkar, Puguh Sudarijono, mengatakan, personelnya selalu all out dalam upaya melakukan pemadam api di lokasi kebakaran. Mulai dari kejadian di rumah warga, maupun kebakaran pada lahan kosong. Ia menyebut, ada beberapa wilayah di Konawe yang terbilang rawan terjadi Karhutla. Diantaranya, Kecamatan Puriala, Abuki, Padangguni dan Pondidaha.

“Kalau kebakaran lahan itu, antisipasinya harus cepat. Jangan sampai api merembet ke rumah warga,” ujarnya, Selasa (14/11). Puguh Sudarijono menuturkan, memasuki musim kemarau saat ini, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Manggala Agni Daops Sulawesi. Jika ada laporan mengenai Karhutla, kedua instansi tersebut akan saling share informasi dan mengambil langkah konkret yang terukur.

“Masyarakat juga bisa memberikan informasi Karhutla supaya ditindaklanjuti. Kita juga harapkan agar masyarakat hati-hati membuang puntung rokok atau membakar sampah. Sebab, itu bisa memicu timbulnya kebakaran,” imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan