Persada, Wujudkan Lingkungan Bersih

  • Bagikan
Muhammad Rustam Arifin
Muhammad Rustam Arifin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upaya pelestarian lingkungan harus terus dikampanyekan kepada masyarakat hingga pemerintah. Salah satunya terkait pengelolaan sampah. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kini menghadirkan terobosan baru dalam pelayanan kebersihan lingkungan dengan perahu sampah daerah (Persada).

Kepala DLH Konkep, Muhammad Rustam Arifin, membenarkan, pihaknya menghadirkan Persada berbasis masyarakat. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang bersih, bebas dari sampah organik dan anorganik.

“Persada ini telah diluncurkan di Kelurahan Langara Laut, Kecamatan Wawonii Barat beberapa waktu lalu. Untuk mendukung kesuksesan program ini kami telah mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah berbasis Persada,” ujar Muhammad Rustam Arifin, Rabu (25/10).

Pelaksanaan aksi tersebut dengan melakukan pembersihan di darat maupun di laut, sebagai upaya untuk meminimalisir sampah yang ada di wilayah tersebut. Selain itu, aksi ini juga untuk memanfaatkan perahu sampah daerah sebagai alat operasional untuk mengumpulkan limbah yang berserakan di laut atau di pesisir.

“Penyediaan perahu sampah ini merupakan swadaya dari Karang Taruna dan masyarakat Kelurahan Langara Laut dan dukungan dari Pemkab, DLH, Camat Wawonii Barat dan Lurah Langara Laut,” jelasnya.

Muhammad Rustam Arifin melanjutkan, program Persada itu sebagai inovasi baru Pemkab dalam upaya mewujudkan Konkep bersih dan nyaman. “Melalui terobosan ini diharapkan adanya kolaborasi antar pihak DLH, Karang Taruna dan masyarakat Kelurahan Langara Laut dalam melakukan aksi pembersihan serta pemilahan sampah organik juga anorganik,” pungkasnya. (c/jib)

  • Bagikan