Hari Ini, Presiden Diagendakan Reshuffle Menteri

  • Bagikan
Presiden Jokowi

--Demokrat Tak Ingin Berandai-andai Masuk Kabinet

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju, pada hari ini, Rabu (25/10/2023). Hal itu disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Selasa (24/10/2023), kemarin.

"Besok (hari ini,red) memang direncanakan ada pelantikan pejabat di Istana Negara. Mengenai siapa yg dilantik dan dalam posisi apa, nanti saya akan update lagi," kata Ari, kemarin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi berencana merombak menteri di Kabinet Indonesia Maju. Kemungkinan pergantian menteri akan dilakukan dalam pekan ini. "Mungkin minggu ini. Ini baru disiapkan," ujar Presiden Jokowi menjawab pertanyaan wartawan soal reshuffle, Selasa (24/10/2023).

Presiden Jokowi menjelaskan posisi menteri yang akan diganti yakni Kementerian Pertanian (Kementan). Saat ini kursi Mentan masih dijabat oleh pelaksana tugas (Plt).

Presiden Jokowi menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Mentan, mengisi kursi yang ditinggalkan Syahrul Yasin Limpo.
"(Yang dirombak) pos Menteri Pertanian," ucap Presiden Jokowi.

Meski demikian, Presiden Jokowi masih menutup rapat siapa yang akan menggantikan posisi Mentan. Namun, Presiden Jokowi sempat memberi respons positif dengan menganggukan kepala saat disinggung mengenai kemungkinan kader dari Partai Demokrat masuk kabinet.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyampaikan, reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Ia tak ingin berandai-andai terkait isu tersebut. "Reshuffle kabinet adalah hak prerogatif Presiden, kami tak ingin mengomentari dan berandai-andai," kata Kamhar kepada wartawan, Selasa (24/10/2023).

Kamhar menekankan, saat ini fokus utama dan prioritas Partai Demokrat adalah mempersiapkan diri menghadapi pilpres dan pileg yang kurang dari empat bulan lagi. Pihaknya pun optimis mendukung Prabowo Subianto untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Berikhtiar dengan segenap daya dan upaya untuk menghantarkan Pak Prabowo sebagai Presiden RI ke-8 dan memenuhi target keterisian kursi di seluruh dapil pada Pileg mendatang," ucap Kamhar. (jpg)

  • Bagikan