Efisiensi Anggaran, BMD Dilelang

  • Bagikan
Mahmud
Mahmud

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah aset yang masuk dalam inventarisasi barang milik daerah (BMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep), akan dilelang. Pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) setempat kini sedang memersiapkannya dan menggandeng Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari. BMD yang akan dilelang nantinya berupa kendaraan operasional dan bahan bongkaran bangunan kantor BKD Konkep.

Kepala BKD Konkep, Mahmud, membenarkan, tanggal 27 Oktober mendatang, pihaknya akan melakukan lelang, menggandeng pihak KPKNL Kendari. “Ada tiga unit kendaraan roda empat merek Chevrolet dan bongkaran bangunan gedung kantor Keuangan Daerah. Lelang akan dilaksanakan secara online pada hari Jumat tanggal 27 Oktober pukul 09.00-10.00 Wita,” ujar Mahmud, Selasa (24/10).

Ia mengaku, lelang sejumlah BMD dilakukan untuk menertibkan pengelolaan aset daerah yang selama ini dinilai sudah tidak bisa dimanfaatkan. Selain itu juga untuk efisiensi anggaran. “Ada beberapa aset daerah yang sudah tidak dimanfaatkan dan dinilai membebani neraca barang, kemudian biaya pemeliharaannya cukup besar sehingga perlu dilelang,” jelasnya.

Mantan Asisten Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setkab Konkep itu mengungkapkan, lelang juga menjadi salah satu sumber untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). “Ini merupakan lelang pertama yang dilakukan Pemkab Konkep. Sehingga harapan kita, melalui lelang ini efektivitas pengelolaan aset daerah bisa terwujud dan menjadi salah satu sumber PAD,” pungkas Mahmud. (c/jib)

  • Bagikan