Bupati Minta OPD Berinovasi Membangun Daerah

  • Bagikan
Bupati Muna, LM. Rusman Emba membuka pembukaan workshop dan coaching clinic penyusunan road map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Muna dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Aula Galampano Raha, kemarin. (DEDEH AYU/KENDARI POS )
Bupati Muna, LM. Rusman Emba membuka pembukaan workshop dan coaching clinic penyusunan road map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Muna dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Aula Galampano Raha, kemarin. (DEDEH AYU/KENDARI POS )

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Muna LM. Rusman Emba mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) berinovasi memanfaatkan potensi sumber daya alam guna meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ia meminta pimpinan OPD untuk kreatif memanfaatkan potensi yang ada sehingga bisa mempercepat terwujudnya kesejahteraan rakyat.

Pernyataan itu ia sampaikan saat workshop dan coaching clinic penyusunan road map Sistem Inovasi Daerah (SIDa) yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Muna dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Aula Galampano Raha, kemarin.

Bupati Muna dua periode tersebut mengatakan kegiatan ini membantu Pemkab membangkitkan spirit dan motivasi untuk terus berinovasi dengan potensi yang dimiliki. Serta menjadi momentum kepala OPD untuk saling mengingatkan agar terus menciptakan suatu kreativitas dalam mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Mari terus menggali informasi dan mengasah kemampuan kita agar terus menghasilkan yang terbaik. Serta berinovasi dengan segala potensi yang kita miliki untuk menghasilkan terobosan-terobosan baru dalam mendukung pembangunan dan kemajuan daerah kita. Terlebih lagi, secara aspek manajemen dan tanggung jawab terhadap tugas yang dimiliki sangat baik," kata mantan Ketua DPRD Sultra itu.

Selain itu, mantan anggota DPD RI itu, menyebut dalam pembangunan daerah, harus berbanding lurus antara inovasi dan pendanaan. Di Muna, meski dengan keterbatasan anggaran hingga saat ini terus berinovasi. Terlebih lagi, secara sumber daya manusia (SDM) di Muna sudah cukup mapan. Namun, masih dibutuhkan momentum-momentum dalam rangka kebangkitan dan peningkatan produktivitas. Tentunya, hal tersebut hanya persoalan waktu.

"Berbicara kualitas, Muna sudah cukup luar biasa ditengah keterbatasan anggaran yang dimiliki. Tetapi, hal tersebut bukan menjadi alasan dan batasan dalam melakukan kreativitas. Di tengah keterbatasannya, Muna masih terus berinovasi dan melakukan gebrakan-gebrakan baru untuk mendukung pembangunan daerah khususnya dalam kesejahteraan masyarakat," paparnya.

Dengan ilmu yang diperolah dari workshop ini, ia berharap dapat diaplikasikan dengan baik oleh seluruh OPD. Khususnya, dalam mencapai visi misi pembangunan Muna.

"Saya berharap, melalui pelatihan ini kita semakin amanah dalam mengemban tanggung jawab yang besar terhadap apa yang menjadi tugas bersama. Terkhusus bagi para kepala OPD, baik dalam rangka meningkatkan manajerial, peningkatan pelayanan serta aspek-aspek dalam menciptakan produktivitas di tengah-tengah masyarakat," tambahnya. (deh/b

  • Bagikan