40 Persen Dana Pilkada Masuk APBD-P

  • Bagikan
Andi Muh. Iqbal Tongasa
Andi Muh. Iqbal Tongasa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Agenda demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi maupun kabupaten/kota akan dihelat serentak pada tahun 2024 mendatang. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) sudah memersiapkan sejumlah anggaran untuk mendukung tahapan Pilkada tersebut.

Sebagai langkah awal, dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2023, Pemkab telah memasukkan porsi 40 persen dari biaya penyelenggaraan.

“Sisanya 60 persen dianggarkan lagi pada APBD induk tahun depan. Kami akan mendukung suksesnya pelaksanaan Plikada ini,” tegas Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa, Rabu (11/10).

Sementara itu Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Koltim, Murhum Haliq, membenarkan jika dana penyelenggaraan Pilkada bupati dan wakil bupati sudah dianggarkan 40 persen dalam APBD-P 2023.

“Untuk yang 60 persen masuk pada APBD murni 2024. Karena Permendagri mengatur, pencairan anggaran sekurang-kurangnya lima bulan sebelum hari pelaksanaan pemungutan suara. KPU telah mengusulkan dana Pilkada ke Pemkab dan disepakati Rp 32 miliar. Kami tinggal menunggu NPHD antara pemerintah bersama penyelenggara,” kata Murhum Haliq. (b/kus)

  • Bagikan