RSUD LM Baharuddin Kini Punya CT Scan

  • Bagikan
dr. Muhammad Marlin
dr. Muhammad Marlin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr LM. Baharuddin Raha bertambah. Alat computerrized tomography (CT) scan yang dibeli dengan harga Rp 12 miliar itu akan diopersikan untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan buat masyarakat menjadi lebih optimal dengan fasilitas yang memadai.

Direktur RS Baharuddin, dr. Muhammad Marlin mengatakan alat kesehatan di RSUD kini mulai memadai. Secara bertahap, terus dilakukan perbaikan-perbaikan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat. Kehadiran fasilitas CT scan dalam upaya mendukung pelayanan pasien yang lebih optimal.

“Alhamdulillah, alat CT scannya sudah tiba dan ruangannya sebagian sedang dalam perbaikan. Nantinya, dengan menggunakan alat tersebut tentu akan memudahkan pelayanan para dokter spesial dalam menegakkan dianogsa sebagai bahan rujukan perawatan dan pengobatan pasien,” kata dr. Marlin, kemarin.

Katanya, alat CT scan memiliki keunggulan dengan kepekaan yang sangat baik dalam memeriksa seluruh organ tubuh. Pemeriksaan CT scan memanfaatkan kecanggihan komputer dan menggunakan mesin sinar-X yang berputar untuk menghasilkan gambar penampang tubuh yang bisa direkontruksi guna keperluan tindakan medis yang akan dilakukan.

“Biasanya juga sebagai pemeriksaan pada pasien stroke. Di mana selama ini kita hanya berdasarkan klink. Sehingga nanti ketika menggunakan alat CT scan kita bisa lebih mengetahui secara jelas penyebab stroke tersebut. Alat CT scan nantinya akan menghasilkan gambar organ di kepala, dada, perut hingga tulang belakang. Kemudian, memiliki keunggulan yang bisa mendapatkan gambar dengan cepat, informasi yang dihasilkan jelas dan spesifik,” tambahnya.

Dia juga membeberkan bahwa alat CT scan ini dibeli seharga miliaran rupiah dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2023. Awalnya CT scan ini dibanderol Rp. 14 miliar, namun dapat discount sehingga bisa membelinya dengan harga Rp 12 miliar. (deh/b)

  • Bagikan