Bunda PAUD Ujung Tombak Generasi Berkualitas

  • Bagikan
Hj. Nurponirah Ruksamin
Hj. Nurponirah Ruksamin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) melalui Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mengukuhkan 170 pengurus di desa dan kelurahan. Pengukuhan tersebut dilakukan langsung Bunda PAUD Konut, Hj. Nurponirah Ruksamin. “PAUD merupakan wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, sehingga kelak menjadi generasi berkualitas yang memiliki daya saing tinggi,” ujar mantan anggota DPRD Konawe itu, kemarin.

Ia memaparkan, Bunda PAUD merupakan profesi sukarela yang dilandasi rasa cinta dan kasih sayang untuk menjadi pendorong segenap elemen masyarakat. Ia mengajak seluruh Bunda PAUD yang baru saja dilantik agar mendukung pemerintah dalam melakukan intervensi, baik di tingkat daerah maupun satuan pendidikan masing-masing.

“Intervensi dapat dilakukan melalui penguatan kebijakan PAUD yang berpusat pada anak. Selanjutnya peningkatan kualitas PAUD anak usia 0-2 tahun dan 3-6 tahun melalui integrasi layanan kesehatan, gizi dan perlindungan anak,” jelas Nurponirah. Kemudian peningkatan akses PAUD anak usia 0-2 tahun melalui kemitraan dengan pihak swasta, serta pengembangan kompetensi dan kualitas tenaga pendidik.

Nurponirah menegaskan, Bunda PAUD hendaknya dapat bergandengan tangan dengan semua elemen masyarakat agar penyediaan layanan dapat menjadi optimal. “Saya harap Bunda PAUD dapat melibatkan kaum ibu secara aktif, mengingat perannya yang sangat penting dalam mendidik usia dini dan menjaga kesehatan anak-anak kita,” tutupnya.

Sementara itu Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H. M Kasim Pagala, mengapresiasi pengukuhan 170 Bunda PAUD oleh Hj. Nurponirah Ruksamin. Ia berharap para Bunda PAUD tersebut dapat menjalankan tugas dengan amanah serta dapat bersinergi bersama Pemkab Konut dalam mewujudkan visi Konasara. “Atas nama Pemkab Konut, saya ucapkan selamat kepada Bunda PUAD yang telah dikukuhkan. Saya percaya ibu sekalian akan menjalankan tugas ini dengan amanah,” pungkasnya. (b/min)

  • Bagikan