5 Tips Mudah Menjaga Termos Tetap Awet dan Tahan Lama

  • Bagikan
Ilustrasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Semula, bagi sebagian orang, membawa termos atau tempat yang bisa tahan lama dalam menyimpan air panas adalah sesuatu yang dianggap kuno. Namun, belakangan ini justru hal ini malah menjadi tren dan gaya fashion tersendiri. Bedanya mungkin beralih ke ukuran yang lebih kecil seperti tumbler atau botol minum.

Tidak hanya difungsikan untuk membawa air panas saja, tetapi banyak yang menggunakan sebagai tempat membawa air es supaya tetap dingin. Meskipun begitu, tetapi rupanya tidak semua termos bisa menyimpan air panas atau es dalam waktu yang lama. Sebagai pengguna, ada baiknya Anda mengetahui bahan-bahan mana yang bagus dan berkualitas.

Tak perlu bingung mencari, ada banyak brand atau merk tempat minum ini yang bisa Anda temukan dengan mudah baik di toko langsung maupun e commerce seperti Blibli. Salah satunya seperti Thermos, yang menjual berbagai produk tempat minum sampai gelas dengan bahan yang berkualitas.

Tips Menjaga Thermos Agar Tahan Lama

Meskipun termos yang Anda miliki terbuat dari bahan yang berkualitas seperti stainless steel, tetapi tetap dibutuhkan perawatan khusus dan dengan cara yang benar. Tujuannya adalah supaya dapat menyimpan air dengan baik, dan berfungsi dalam waktu yang lama.

Sebab, jika tidak dirawat dengan baik, maka semakin lama termos tidak bisa mempertahankan suhu panas atau dingin di bagian dalamnya. Oleh karena itu, butuh tata cara yang benar dalam merawatnya. Tak perlu khawatir dan bingung, berikut ini adalah beberapa tips penting yang harus Anda lakukan untuk merawat termos Anda supaya lebih tahan lama.

1. Pilih Bahan yang Berkualitas

Hal utama yang harus dilakukan sebelum melakukan perawatan yang benar pada termos Anda adalah pilihlah atau beli termos yang dibuat dari bahan berkualitas. Jika digunakan untuk menyimpan air panas, tentu bahan yang digunakan harus dibuat dari bahan berkualitas yang akan tahan menyimpan air panas.

Salah satu jenis bahannya adalah stainless steel, yang sangat umum digunakan untuk bahan bagian dalam termos. Bahan ini bisa membantu menyimpan suhu panas air di dalam termos, bahkan sampai 24 jam, tergantung pada kualitasnya.

Jika berencana membeli termos, pilihlah yang berbahan stainless steel berkualitas, serta bentuknya yang sederhana supaya lebih nyaman ketika digunakan. Jika Anda masih belum paham betul terkait bahan ini, Anda bisa menanyakan langsung ke penjualnya. Atau melihat deskripsi produk, jika membeli secara online. Sebab online shop tentunya akan menampilkan deskripsi produk dalam halamannya, seperti Blibli.

2. Gunakan Sesuai Aturan

Salah satu tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat termos tahan lama adalah menggunakannya sesuai aturan. Ketika memasukkan air panas ke dalam termos, Anda disarankan untuk tidak melebihi garis yang membatasi untuk pengisian air di dalamnya.

Sebab, jika Anda menuang lebih dari ini, maka air panas akan meluber dan mengenai bagian lainnya. Anda harus menyisihkan rongga dan tidak boleh melebihi batasan berupa garis yang ada pada leher termos tersebut.

3. Mencuci dengan Air Hangat

Jika ingin membersihkan thermos, maka jangan mencuci dengan air biasa dan sabun. Agar suhu panas bisa tetap terjaga dalam waktu yang lebih lama, maka pastikan Anda membersihkan termos dengan air yang hangat. Anda juga dapat mencucinya bersih dengan menggunakan spons yang telah dicelupkan ke dalam air sabun yang mengandung anti bakteri.

Perhatikan juga waktu dalam membersihkannya. Supaya aroma dari dalam termos tidak berubah menyerupai minum yang Anda masukkan, maka bersihkanlah minimal dua hari sekali dengan cara yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

4. Jangan Biarkan di Wastafel

Tidak hanya digunakan untuk menyimpan air panas saja, tentu termos kerap digunakan untuk menyimpan air teh, kopi, atau minuman perasa lainnya yang memiliki aroma. Nah, supaya aromanya tidak tertinggal, maka Anda harus memastikan termos selalu dicuci setelah pemakaian.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah jangan biarkan termos tersimpan di wastafel terlalu lama, dan dalam keadaan yang kotor. Sebab ini akan meninggalkan aroma atau bau, juga kerak yang nantinya akan bersarang dalam waktu yang lama.

Maka ada baiknya ketika telah digunakan dan dicuci bersih, kocoklah bagian termos dengan air hangat secara perlahan. Kemudian bilas sampai bersih.

5. Jangan Masukkan ke Dalam Microwave

Salah satu kesalahan besar yang sering dilakukan, yaitu memanaskan kembali minuman yang terdapat di dalam termos dengan cara menyimpannya ke dalam microwave. Hal ini nantinya akan membuat termos panas ketika dikeluarkan dari microwave.

Nantinya, termos tersebut tidak akan sesuai dengan fungsi awalnya lagi, yaitu mempertahankan air panas pada suhu semula, atau mempertahankan air dingin pada suhu seumulanya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat termos air panas atau dingin Anda berfungsi lebih tahan lama. Selain itu, Anda juga harus memastikan keamanan dari body termos juga.

  • Bagikan