Sultra Award Kendari Pos 2023

  • Bagikan
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga

Tokoh Perubahan 2023, Pelopor SPBE dan Pelayanan Kesehatan Berbasis BLUD
H. Surunuddin Dangga, ST., MM., Bupati Konawe Selatan

Bapak Pembangunan, Desa Maju Konsel Hebat

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Bupati Konawe Selatan (Konsel), H.Surunuddin Dangga, ST., MM memimpin selama 2 periode. Karya pembangunannya tersebar di seantero Konsel. Deretan penghargaan diraih baik lokal hingga nasional menjadi pembuktian karya pembangunannya disektor infrastruktur dan suprastruktur.

Bupati Konsel H Surunuddin Dangga saat menyambut kunjungan Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno di Air Terjun Moramo, Konawe Selatan.

Tak larut dengan berbagai prestasi yang ditorehkan, Surunuddin justru terus berupaya melakukan reformasi sektor publik secara menyeluruh melalui aplikasi teknologi yang memungkin optimalisasi proses pemerintahan. Salah satu yang patut diapresiasi adalah gebrakan cerdas mewujudkan Konsel Hebat Berbasis Digital yang akhirnya mengantarkan Konsel pernah menjadi daerah terbaik di Sultra dalam penerapan Pelopor Sostem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Surunuddin optimis, semua lini Pemkab Konsel akan running system digitalisasi. Buktinya, berbagai program pendukung telah dijalankan serta menguatkan sinergisitas lintas sektor terkait.

"Pada tahap awal kepemimpinan kami telah membangun jaringan kabel fiber optic secara mandiri, di lingkungan perkantoran ibu kota Andoolo sejak tahun 2017. Hal ini merupakan, komitmen menghubungkan jaringan intra pemerintah, dalam mempermudah akses internet untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dan OPD,” jelasnya.

Tahap kedua, lanjutnya, dibangun aplikasi dan basis data terintegrasi untuk layanan pemerintahan, layanan desa dan layanan publik. Selanjutnya, secara bertahap pembangunan di sektor teknologi informasi dan komunikasi, berbenah secara terus menerus.

Bagi suami Hj. Nurlin, SH ini, implementasi SPBE merupakan bentuk komitmen Pemkab Konsel dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam layanan publik. Tentu dengan harapan Pembangunan di Konsel akan semakin maju.

Berbagai gebrakan Surunuddin pun mendapat diapresiasi Masyarakat Konsel yang menyematkan gelar Bapak Pembangunan kepada Bupati Konsel, Surunuddin Dangga.

"Atas kinerja dan perhatian Bupati Konsel, Surunuddin kepada masyarakat, pantaslah rasanya beliau kami daulat sebagai Bapak Pembangunan Konsel," kata Reyke Sawah, Ketua Asosiasi Desa Kecamatan Landono, dalam acara pesta rakyat syukuran masyarakat atas pengaspalan jalan desa/kabupaten di Desa Tridana Mulya, Kecamatan Landono, beberapa waktu lalu.

Hal senada diungkapkan Camat Landono, Masnun Zabir. Ia menyebut pengaspalan jalan di sejumlah desa di Kecamatan Landono telah membangkitkan perekonomian masyarakat. "Terimakasih atas kerja nyata yang ditunjukan Bupati Konsel, Surunuddin Dangga. Izinkan kami mendaulat sebagai Bapak Pembangunan Konsel," ujarnya sembari memberikan cendera mata sebagai bentuk daulat Surunuddin, Bapak Pembangunan.

Bupati Surunuddin membangun Konsel dari level terbawah, yakni pedesaan melalui konsepsi Desa Maju Konsel Hebat. Konsep itu berpijak pada visi "Menuju Konawe Selatan Sejahtera, Unggul, dan Amanah Berbasis Pedesaan".

"Sebagai kepala daerah saya menjalankan tugas sesuai amanah yang melekat. Karena yang akan dikenang dari seorang pemimpin adalah legacy (warisan) kepada generasi mendatang," kata Bupati Konsel, Surunuddin kepada Kendari Pos, Minggu (24/9/2023). (ndi/b)

Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Dasar Wujudkan Konektivitas Antar Wilayah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Di awal kepemimpinan Bupati Konsel Surunuddin dan Wakil Bupati Arsalim tahun 2016-2021 meletakkan milestone pertama perjalanan pembangunan dengan konsep Desa Maju Konsel Hebat.

“Program prioritas menitikberatkan pembangunan infrastruktur di wilayah pedesaan, membuka akses-akses jalan dan jembatan ke sentrasentra perekonomian yang dapat mendukung terciptanya kenaikan pertumbuhan ekonomi,” ujar Kepala Pekerjaan Umum (PU) Wilayah Kendari Selatan/Buton Daratan Tahun 1984-1995 tersebut.

Peduli Masyarakat, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menyapa dan menyalurkan bantuan ke masyarakat.

Periode kedua berpasangan dengan wakil bupati Konsel Rasyid, konsep Desa Maju Konsel Hebat dilanjutkan. Pembenahan dilakukan terhadap program - program strategis yang belum optimal terselenggarakan. Melaksanakan strategi dan kebijakan publik yang lebih akurat dan tepat sasaran.

Salah satunya adalah mengakselerasi pembangunan insfrastruktur dasar jalan dan jembatan. Guna mewujudkan konektivitas antar wilayah. Harus diakui pembangunan infrastruktur jalan yang telah dilaksanakan mengalami perkembangan sangat signifikan. Sejak tahun 2016 sampai 2022, telah membangun jalan aspal sepanjang 237.797 kilometer, pembukaan jalan baru 64,5 kilometer, pengerasan jalan sepanjang 135.42 kilometer, serta pembangunan jembatan sebanyak 20 unit dengan panjang 342.47 meter. (ndi/b)

Entaskan Daerah Terluar dari Keterisoliran, Buka Akses Jalan Baru

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dinobatkan sebagai Bapak Pembangunan Konsel, Surunuddin Dangga telah banyak meletakan sendi-sendi pembangunan. Pengabdiannya nyata untuk daerah dan masyarakat. Janjinya sebagai kepala daerah ditunaikan.

Contoh yang ditunaikan adalah membuka akses jalur darat Moramo - Laonti. Pembukaan akses jalan menuju Kecamatan Laonti melalui jalur darat memiliki semangat perjuangan luar biasa. Kini karya monumental itu menjadi landmark pembangunan infrastruktur jalan yang sangat melegakan khususnya masyarakat Kecamatan Laonti.

“Sejak periode pertama kami berjanji, mimpi masyarakat Laonti yang ingin menikmati jalan darat menuju rumah-rumah mereka harus terwujud. Karena masyarakat Laonti telah puluhan tahun tak menikmati jalan darat,” ungkap mantan Pemimpin Bagian Proyek Peningkatan Jalan Kendari-Kolaka tahun 1978 sampai tahun 1982 itu.

Dulu, jalur menuju Laonti hanya bisa dilalui lewat laut dan kini bisa lewat darat. Pembangunan jalur darat di daerah tersebut, memutus keterisoliran Laonti.

“Selama Indonesia merdeka, seluruh wilayah di Kecamatan Laonti hanya bisa diakses dengan transportasi laut. Makanya saya dulu berjanji akan buatkan jalan untuk Laonti, dan kita tunaikan,” ungkap mantan anggota Dewan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) tahun 2000 tersebut. (ndi/b)

Pelayanan Kesehatan Kian Optimal
--Pelopor Peningkatan Kualitas Layanan Kesehatan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Salah satu visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Konsel periode 2021-2026 adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan peningkatan Indeks pembangunan manusia (IPM). IPM Konsel terus mengalami peningkatan.

Indikator peningkatan IPM itu dapat diukur dari berbagai sektor, salah satunya kesehatan.

Bupati Surunuddin tak main main, mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas. Melalui program peningkatan sarana prasarana kesehatan telah dibangun gedung baru puskesmas di Kecamatan Moramo, Angata, Konda, Tinanggea, Palangga, Lameuru, Kolono dan Mowila.

Kemudian tahun ini juga dibangun Posyandu atau Pustu Prima di 102 desa pada 23 Kecamatan. Pada Program pemenuhan obat-obatan, bahan medis habis pakai dan peralatan kesehatan juga senantiasa dilaksanakan pada seluruh puskesmas agar pelayanan dapat maksimal.

Perjuangan saat menekan penyebaran covid-19 di Konsel, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga turun langsung ke murid murid sekolah dasar memastikan semua memperoleh vaksin.

Bahkan paling monumental, pada tahun 2022 sebanyak 5 Puskesmas telah menerapkan Pola Penatausahaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD). Yang dilanjutkan pada 10 puskesmas di tahun 2023 ini.

Melalui Dinas Kesehatan, merencanakan 10 puskesmas lagi di tahun 2024. Karena dengan BLUD-nya Puskesmas terdapat fleksibiltas yang dapat diterapkan oleh Puskesmas. Targetnya meningkatkan kinerja dan kualitas layanan kesehatan di Puskesmas. Tahun 2023 ini juga Pemda Konsel melaksananakan SPBE di sektor kesehatan. Puskesmas puskesmas di persiapkan untuk dapat melaksanakan rekam medik elektronik/RME.(ndi/b)

  • Bagikan