Pengendali Konawe dan Baubau

  • Bagikan
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (4 dari kanan), Sekda Sultra Asrun Lio (kiri), Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada (2 dari kiri), bersama Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi (3 dari kiri), Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (4 dari kiri), usai pelantikan Pj Wali Kota Baubau dan Pj Bupati Konawe, di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (25/9), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)
Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (4 dari kanan), Sekda Sultra Asrun Lio (kiri), Wakil Ketua DPRD Sultra Nursalam Lada (2 dari kiri), bersama Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi (3 dari kiri), Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (4 dari kiri), usai pelantikan Pj Wali Kota Baubau dan Pj Bupati Konawe, di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (25/9), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

--Pj Gubernur Lantik Harmin Ramba dan Rasman Manafi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Harmin Ramba dan Rasman Manafi menjadi pengendali Konawe dan Baubau. Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto melantik keduanya untuk memimpin daerah. Harmin Ramba dilantik sebagai Pj Bupati Konawe dan Muhammad Rasman Manafi sebagai Pj Wali Kota Baubau, Senin (25/9), kemarin.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto (kiri) mengambil sumpah dan jabatan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (kanan) dan Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi (2 dari kanan), di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (25/9), kemarin. (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS)

Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dan Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi melengkapi 10 Pj kepala daerah di Sultra. Sebelumnya, terdapat 8 pejabat berstatus Pj kepala daerah yakni, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Pj Bupati Kolut Sukanto Toding dan Pj Bupati Bombana Burhanuddin.

Selain itu, ada Pj Bupati Buton La Ode Mustari, Pj Bupati Buton Tengah Andi Muhammad Yusuf, Pj Bupati Muna Barat Bahri dan Pj Bupati Buton Selatan, La Ode Budiman.

Dalam pelantikan kemarin, Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto mengingatkan Harmin Ramba dan Rasman Manafi agar menjalankan tugas sesuai instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagaimana arahan Presiden RI.

"Selain itu tunaikan harapan masyarakat dan rencana kerja pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sederhana dan laksanakan," ujar saat menyampaikan kata sambutan usai mengambil sumpah jabatan Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau di aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra, Senin (25/9), kemarin.

Menurut Pj Gubernur Andap, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dan Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi telah berjanji dihadapan tamu undangan dan dihadapan Allah SWT saat pengambilan sumpah. Karena itu, sebagai insan yang beragama dan bertakwa agar tidak boleh mencederai dan tidak boleh mengingkari apa yang telah disampaikan.

"Jalankan tugas amanat jabatan dengan sebaik-baiknya. Sebagai Pj kepala daerah, segera kenali tugas, pahami, hayati dan implementasikan dengan baik. Intinya, kerjakan tugas-tugas pemerintahan. Selain itu harus melaporkan kinerja secara periodik kepada Mendagri melalui Pj Gubernur selambat-lambatnya 3 bulan sekali," pesan Pj Gubernur Andap.

Sekretaris Jenderal (Sekjend) Kemenkumham RI itu mengingatkan Pj Bupati Konawe Harmin Ramba dan Pj Wali Kota Baubau Rasman Manafi agar intens turun langsung ke lapangan dan mengecek beberapa hal yang menjadi atensi bersama. "Diantaranya penanganan stunting, kemiskinan ekstrem, inflasi, anomali musim dan menghadapi pengaruh dampak Elnino. Selain itu mencek harga-harga bahan pokok di lapangan," pungkas Pj Gubernur Andap.

Sebelumnya, Pj Bupati Konawe Harmin Ramba berkomitmen menunaikan tugasnya berdasarkan instruksi Mendagri dan arahan Presiden RI sebagaimana disampaikan Pj Gubernur Sultra, Andap.

Pj Bupati Harmin Ramba telah menjadwalkan beberapa agenda dan tugas yang berhubungan isu nasional yang perlu diselesaikan. Terdapat 5 tugas utama yang dinilai penting untuk segera diatasi, diantaranya yakni masalah stunting, inflasi, kemiskinan ekstrem, menghadapi Pemilu 2024 dan masalah reformasi birokrasi. "Saya kira itu yang paling urgen dan harus menjafi fokus kita. Setiap 3 bulan akan dievaluasi," ujarnya kepada Kendari Pos sehari sebelum dilantik.

Mantan Camat Abuki itu segera menggelar rapat koordinasi bersama DPRD Kabupaten Konawe dan Forkopimda. "Program pertama saya, setelah dilantik maka pada 26 September 2023 (hari ini,red) saya akan langsung rapat dengan DPRD Konawe," kata Pj Bupati Harmin Ramba.

Selain rapat koordinasi, Pj Bupati Harmin Ramba segera memetakan hal-hal yang harus dilakukan. Ia berjanji di bekerja di balik meja namun akan intens turun ke setiap kecamatan untuk memetakan kondisi wilayah, termasuk memetakan kesiapan daerah dalam menghadapi Pemilu 2024. "Semua ini akan kita petakan supaya terukur. Pemilu 2024 harus berjalan lancar, aman dan damai," ungkap mantan Kabag Umum dan Protokoler Setda Pemkab Konawe itu.

Untuk diketahui, Harmin Ramba dilantik sebagai Pj Bupati Konawe berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3 - 3952 tahun 2023. Sedangkan Muhammad Rasman Manafi dilantik sebagai Pj Wali Kota Baubau berdasarkan keputusan Mendagri Nomor 100.2.1.3 - 3951 tahun 2023.

Harmin Ramba adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Sultra. Muhammad Rasman Manafi juga menjabat Asisten Deputi Pengelolaan Ruang Laut dan Pesisir di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves). (rah/b)

  • Bagikan