Asmawa Tosepu Ringankan Beban Petugas Kebersihan

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kiri) menyalurkan bantuan dana ZIS kepada petugas kebersihan di Balai Kota Kendari, Senin (25/9), kemarin. (HUMAS PEMKOT KENDARI)
Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kiri) menyalurkan bantuan dana ZIS kepada petugas kebersihan di Balai Kota Kendari, Senin (25/9), kemarin. (HUMAS PEMKOT KENDARI)

--Salurkan Bantuan Zakat Sebesar Rp190 Juta

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Situasi inflasi saat ini membuat warga di tingkat bawah kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beban yang menhimpit itu turut dirasakan pula petugas kebersihan yang bekerja sebagai buruh harian di Pemkot Kendari. Menyadari kesulitan warganya, Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu menyalurkan bantuan Zakat Infak dan Sedekah (ZIS) Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada petugas kebersihan di Balai Kota Kendari, Senin (25/9), kemarin.

Penyaluran bantuan diharapkan bisa mengurangi beban para garda terdepan kebersihan Kota Kendari itu. Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan, bantuan ZIS bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Kendari yang dihimpun dari ASN.

Bantuan tersebut, lanjut dia, merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat yang membutuhkan salah satunya para petugas kebersihan.
Pj Wali Kota Asmawa mengapresiasi Baznas Kota Kendari karena telah membantu dalam distribusi zakat ASN Kota Kendari.

Ia juga mengapresiasi petugas kebersihan yang telah berjasa menjalankan tugasnya, sehingga beberapa titik di Kota Kendari sudah tidak ditemukan lagi sampah.

"Saya lihat progresnya cukup signifikan, semakin bersih di beberapa titik, sudah tidak kita temukan sampah lagi, kami mengapresiasi, saya menitipkan kepada Pak Kadis (Kepala Dinas DLHK) untuk memikirkan kesejahteraan teman-teman ini,” ujar Pj Wali Kota Asmawa saat penyerahan bantuan, kemarin.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Kendari, Amri Natsir mengatakan, penerimaan zakat Infaq sedekah (ZIS) dari ASN yang diterima di akhir September sekitar Rp 190 juta. Bantuan tersebut kemudian disalurkan kepada sebanyak 361 penerima.

Amri mengungkapkan dari periode Januari hingga akhir September 2023, pihaknya berhasil menghimpun zakat ASN sekira Rp1,7 miliar atau 86,51 persen dari target ZIS tahun 2023 sebesar Rp2 miliar.

"Alhamdulillah, target kita bisa terlampaui. Dengan kehadiran Pj Wali Kota Kendari pengumpulan kita bisa semakin meningkat, khususnya pada ASN di Kota Kendari,” pungkas Amrin. (ags/b)

  • Bagikan