Harmin Ramba Pimpin Konawe

  • Bagikan
Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba usai mengikuti pembekalan dan rapat koordinasi Penjabat (Pj) Bupati dan Wali Kota se-Indonesia di Kemendagri, Sabtu (23/9/2023). (IST)
Kepala Badan Kesbangpol Sultra, Harmin Ramba usai mengikuti pembekalan dan rapat koordinasi Penjabat (Pj) Bupati dan Wali Kota se-Indonesia di Kemendagri, Sabtu (23/9/2023). (IST)

--Bersama Pj Wali Kota Baubau, Diagendakan Dilantik Hari Ini

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Masa jabatan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse berakhir 24 September 2023. Pengendali pemerintahan 2 daerah itu akan dilakukan pejabat berstatus Penjabat (Pj) Bupati dan Pj Wali Kota.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sultra, Harmin Ramba mengaku sebagai Pj Bupati Konawe terpilih. Ia telah mengantongi SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan mengikuti pembekalan serta rapat koordinasi di Kemendagri, Sabtu (23/9/2023).

Harmin Ramba membocorkan waktu pelantikannya sebagai Pj Bupati Konawe. "In Sya Allah pelantikan akan digelar pada 25 September 2023 (hari ini,red)," ujarnya saat dikonfirmasi Kendari Pos, Minggu (24/9/2023), kemarin.

Mantan Camat Abuki itu menjelaskan, dalam rapat koordinasi di Kemendagri, para Pj Bupati dan Pj Wali Kota mendapat beberapa arahan dari Mendagri Tito Karnavian. Salah satunya adalah tugas Pj kepala daerah yang harus turun langsung ke lapangan melihat kondisi daerah.

"Ada beberapa penekanan bahwa seorang Pj kepala daerah itu jangan tinggal di belakang meja. Harus turun ke lapangan melihat situasi daerahnya," jelas Harmin Ramba.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Setkab Konawe, Armin Madjid, memastikan pelantikan Harmin Ramba sebagai Pj Bupati Konawe yang dijadwalkan hari ini, Senin (25/9).

Armin Madjid sudah berkoordinasi dengan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Otoda) Pemprov Sultra, Muliadi. Termasuk, waktu dan tempat pelantikan tersebut.

"Untuk kepastiannya, kita menunggu informasi dari Karo Pemerintahan Sultra (Muliadi). Sebab, harus menyesuaikan jadwal Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto. Entah pagi, siang atau sore pelantikannya. Karena kalau pagi, informasinya kegiatan yang lain Pj Gubernur sudah terjadwal. Untuk tempat pelantikan, juga belum terkonfirmasi. Tapi kemungkinan antara di kantor Gubernur atau rujab Gubernur Sultra ," ujar Armin Madjid.

Armin Madjid menuturkan, pelantikan Harmin Ramba sebagai Pj Bupati Konawe, dimungkinkan digelar bersamaan dengan pelantikan Pj Wali Kota Baubau. Sebab, dari informasi terakhir yang diterimanya, ada 50 undangan untuk pelantikan Pj Bupati Konawe dan 50 undangan untuk pelantikan Pj Wali Kota Baubau.

"Kemungkinan bersamaan. Kami juga masih menunggu undangan resmi dari Karo Pemerintahan Setprov Sultra. Informasinya Karo Pemerintahan (Muliadi) baru pulang dari Jakarta," imbuh Armin Madjid.

Terpisah, Karo Pemerintahan dan Otda Pemprov Sultra, Muliadi mengaku belum dapat memberikan informasi pasti mengenai waktu pelantikan Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau.

"Kami belum dapat sampaikan secara rinci. Yang jelas nantinya pelantikan Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau bersamaan. Soal siapa yang ditunjuk Kemendagri, kami belum bisa sampaikan, sebab itu menjadi kewenangan pimpinan. Dan kita akan tahu nanti saat pelantikan," ujar Muliadi kepada Kendari Pos.

Menurutnya, apapun keputusan pemerintah pusat terkait Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau merupakan putusan dan pilihan terbaik. “Masyarakat diharapkan tetap tenang dan menjaga kondusivitas daerah. Siapapun Pj kepala daerah yang terpilih, itu adalah hal yang terbaik dan merupakan putra daerah," tutup Muliadi. (rah/adi/b)

PEMIMPIN SEMENTARA

MASA "KUASA" BERAKHIR
-Masa jabatan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa berakhir 24 September 2023
-Masa jabatan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse juga berakhir 24 September 2023
-2 daerah itu bakal dikendalikan pemimpin sementara
-Pemimpin sementara itu adalah Penjabat (Pj) Bupati dan Wali Kota
-Pelantikan Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau dimungkinkan bersamaan

PJ BUPATI KONAWE
-Harmin Ramba mengaku terpilih sebagai Pj Bupati Konawe
-Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu telah mengantongi SK Mendagri
-Harmin Ramba juga telah mengikuti pembekalan dan rakot di Kemendagri
-Harmin Ramba membocorkan waktu pelantikannya sebagai Pj Bupati Konawe.
-Agenda pelantikan digelar 25 September 2023 (hari ini,red)

ARAHAN MENDAGRI
-Harmin Ramba mendapat arahan dari Mendagri dalam rakor
-Rakor itu diikuti Pj Bupati dan Pj Wali Kota se-Indonesia
-Arahan Mendagri adalah Pj kepala daerah itu jangan tinggal di belakang meja
-Mendagri minta Pj kepala daerah harus turun melihat kondisi daerahnya

AGENDA PELANTIKAN
-Pelantikan Pj Bupati Konawe dan Pj Wali Kota Baubau dimungkinkan bersamaan
-Kabag Pemerintahan Setkab Konawe memastikan pelantikan Pj Bupati Konawe
-Harmin Ramba dilantik sebagai Pj Bupati Konawe pada Senin 25 September 2023
-Kabag Pemerintahan mengoordinasikan waktu dan tempat pelantikan kepada Pemprov Sultra
-Pelantikan dimungkinkan digelar siang atau sore hari ini
-Tempat pelantikan dimungkikan di kantor gubernur atau Rujab Gubernur Sultra
-Ada 50 undangan untuk pelantikan Pj Bupati Konawe
-Dan 50 undangan untuk pelantikan Pj Wali Kota Baubau

DATA DIOLAH KENDARI POS DARI BERBAGAI SUMBER

  • Bagikan