Hj Fatmawati Antarkan Bombana Berkibar Di kancah Nasional

  • Bagikan

--Motif Tenun Bombana Terbaik di Ajang Kriyanusa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Keindahan motif tenun Bombana kini mendapat pengakuan secara nasional. Bersaing dengan jenis kain bermotif budaya lainya di Indonesia, motif tenun Bombana berhasil dinobatkan sebagai karya kriya potensial sebagai produk motif tenun terbaik di Indonesia dalam ajang Dekranasda Award. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Kabupaten Bombana dalam rangkaian pameran Kriyanusa 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) dari 13-17 September 2023.

Pengakuan tersebut di raih tak lepas dari tangan dingin dari Ketua Dekranasda Kabupaten Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa. Kepiawainya dalam memimpin organisasi kelembagaan itu bersamaan dengan sang suami di sumpah sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bombana, Ir. Burhanuddin sejak Agustus 2022 lalu (Sampai sekarang).

Dirinya telah bertekad membawa dan memperkenalkan motif tenun Bombana di kancah nasional dan internasional, agar menjadi motif yang diakui keberadaanya tidak hanya di daerah sendiri namun juga di dunia. Atas tekad dan kerja kerasnya tersebut kini berbuah manis. Motif tenun Bombana dinobatkan sebagai produk motif tenun terbaik di Indonesia dalam ajang Dekranasda Award.

Sekprov Sultra Asrun Lio (empat dari kiri), Ketua Dekranasda Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio (Lima dari kiri), Anggota DPR RI, Tina Nur Alam (Tiga dari kiri), Ketua Dekranasda Bombana (Jilbab Orange) bersama Ketua Dekranasda Kabupaten se Sultra saat berfoto bersama dengan para model dalam panggung spesial show Kriyanusa Dekranasda Award 2023.

Hj. Fatmawati mengungkapkan kebangganya dan rasa syukurnya atas karya kriya berupa kain tenun motifnya berbuah penghargaan. Terlebih pengahrgaan yang didapatkan merupakan penghagaan pertama tingkat nasional sejak Dekranasda Bombana berdiri.

“Kita bekerja dengan tulus menciptakan produk-produk kerajinan yang terbaik,” ungkpanya.

Dalam pameran Kriyanusa tahun 2023, Dekranasda Bombana juga menampilkan salah satu motif baru di panggung special show Kriyanusa 2023. Motif tersebut yakni, motif Kepala Kuda yang di diperagakan oleh enam model. Mereka mengenakan gaun cerah dipadu dengan warna hijau benhur dengan aksen warna orange, kuning, dan merah muda karya desainer ternama Indonesia, Defrico Audy berhasil memukau para tamu yang hadir di JCC.

Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa saat berfoto bersama dengan Ketua Dekranasda di panggung special show Kriyanusa Dekranasda Award 2023

“Alhamdulillah Bombana bisa menyisihkan ratusan peserta seIndonesia, terima kasih seluruh masyarakat Bombana yang telah mendukung” imbuhnya.

Selain itu, Ketua TP PKK Kabupaten Bombana ini mengatakan, jika penghargaan tingkat nasional yang baru saja di raihnya sangat perlu untuk dijadikan pelecut semangat untuk memicu prestasi masingmasing pengrajin,agar dapat terus berkreasi.

“Semoga dengan penghargaan ini pengrajin Kabupaten Bombana terus termotivasi untuk terus berkarya meningkatkan mutu kerajinan dan terus menggali kecemerlangan ide dan gagasan kreasi masing-masing pengrajin,” pungkasnya. (b/idh)

Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa (empat dari kanan) didampingi pengurus Dekranasda Bombana saat berfoto bersama seorang desainer ternama Indonesia saat berkunjung di stand pameran Kabuapten Bombana.
Sekprov Sultra Asrun Lio (Tujuh dari kiri), Ketua Dekranasda Sultra, Wa Ode Munanah Asrun Lio (Enam dari kanan), Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa (lima dari kanan) berfoto bersama dengan pengurus Dekranasda Bombana di JCC
Hj. Fatmawati Ksim Marewa (dua dari kanan) saat berfoto bersama dengan beberapa Ketua Dekranasda Kabupaten di Sultra dalam acara special show Kriyanusa Dekranasda Award 2023 di JCC
Ketua Dekranasda Bombana, Hj. Fatmawati Kasim Marewa bersama Desainer Defrico Audy saat berfoto bersama dengan model yang menggunakan gaun motif kepala kuda dalam panggung special show Kriyanusa 2023 di JCC.
  • Bagikan