Wagub Sultra Kukuhkan Pengurus Kerukunan Keluarga Minahasa

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas didampingi Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu resmi mengukuhkan pengurus Kerukunan Keluarga Minahasa "Maesa" Sultra Periode 2023 - 2028, disalah satu restoran di Kendari, Sabtu (19/08).

Mereka yang dikukuhkan yakni Revry Andries Mathindas sebagai Ketua Umum, Revo Adrian Muhaling, serta beberapa pengurus lainnya. Pelantikan pengurus juga dirangkaikan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kerukunan Keluarga Minahasa ke-53.

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas menyambut baik kehadiran Kerukunan Keluarga Minahasa di Sultra. Menurutnya, Kerukunan Keluarga Minahasa merupakan saudara masyarakat Sultra karena sudah hadir sejak tahun 1970. "

Kerukunan Keluarga Minahasa sudah cukup lama ada di Sulawesi Tenggara. Buktinya para pendiri daerah ini seperti Pak Wayong dan Pak Mokodompit yang sudah menjadi orang tua sekaligus guru kami. Kita banyak belajar dari para pendahulu," kata Lukman Abunawas.

Ia berharap, diusia ke-53 tahun ini Kerukunan Keluarga Minahasa semakin dewasa dan mengedepankan persaudaraan dan perdamaian sehingga bisa tercipta toleransi bersama.

Senada, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu mengapresiasi kehadiran Kerukunan Keluarga Minahasa di Sultra. Ia mengajak semua pihak terutama kerukunan untuk bersyukur karena sudah menapaki usia ke-53 tahun.

Asmawa mengaku hadir menjadi bagian dari masyarakat Minahasa yang ada di Sultra mengingat secara pribadi dirinya cukup lama mengabdikan diri di tanah Minahasa.

"Kurang lebih 17 tahun. Secara biologis tidak, tapi secara sosiologis saya banyak dipengaruhi oleh karakter budaya dan adat Minahasa. Apalagi dengan prinsip manusia hidup untuk menghidupkan orang lain, maka filosofi itu menjadi pegangan. Selain itu ada semangat kebersamaan dan persatuan yang menjadi bagian yang mewarnai kehidupan saya," kata Asmawa Tosepu.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Minahasa Sultra, Revry Andries Mathindas yang didampingi Sekretaris Revo Adrian Muhaling menyampaikan terima kasih atas dukungan dan support dari pemerintah dan seluruh elemen terkait sehingga kegiatan bisa berjalan sukses dan lancar.

Revry berharap, kehadiran Kerukunan Keluarga Minahasa bisa berkontribusi positif terhadap pembangunan daerah. Pasalnya, pihaknya telah berkomitmen untuk mengerahkan seluruh tenaga dan pikiran untuk memajukan daerah.

"Kami selalu minta untuk dikoreksi, terutama menerima masukan dari dewan pembina organisasi dalam hal ini Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara Bapak Lukman Abunawas dan Pj Wali Kota Kendari Bapak Asmawa Tosepu," Kata Revry.

Ia optimis, dengan prinsip dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, pihaknya senantiasa akan membaur dan menyesuaikan diri dengan budaya dan kearifan lokal Sultra. (ags/adv)

  • Bagikan