Instrumen Belum Lengkap, Operasional PLTD Tertunda

  • Bagikan
BELUM BEROPERASI : Bupati Wakatobi, H. Haliana (kedua dari kiri) saat memantau progres pengerjaan PLTD Ambeua di Pulau Kaledupa.
BELUM BEROPERASI : Bupati Wakatobi, H. Haliana (kedua dari kiri) saat memantau progres pengerjaan PLTD Ambeua di Pulau Kaledupa.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam kunjungannya ke Pulau Kaledupa, Bupati Wakatobi, H. Haliana, memantau progres pembangunan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Ambeua. Ia melihat perkembangan pengerjaan dua unit perangkat kelistrikan yang beberapa waktu lalu tiba di Kaledupa.

Informasi yang diperoleh Haliana dari pihak PLTD, pengerjaan komponen mesin pembangkit sudah hampir tuntas. Namun masih ada beberapa instrumen lain yang belum tiba akibat kendala pengiriman.

Pengoperasian mesin baru tersebut sebenarnya dijadwalkan dilakukan pada bulan Agustus ini. Namun karena ada sejumlah komponen yang belum tiba di lokasi, maka kemungkinan pengoperasian akan tertunda.

"Kita berharap agar pengoperasian mesin baru segera terlaksana dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kaledupa. Untuk Pulau Binongko, ditargetkan tahun ini juga sudah beroperasi. Mesin untuk PLTD di Binongko sudah dalam proses pendistribusian," terang Haliana, Rabu (9/8).

Untuk diketahui, kunjungan Wakatobi-1 itu sekaligus menghadiri acara milad ke- 763 Barata Kahedupa yang dihelat di Kamali Barata Kahedupa, Kecamatan Kaledupa. Kegiatan tersebut diselenggarakan Pemerintah Adat Barata Kahedupa bekerja sama dengan Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan. (c/thy)

  • Bagikan