KPU Larang Parpol Pasang APK Sebelum Masa Kampanye

  • Bagikan
Asril
Asril

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tenggara (KPU Sultra) melarang Partai Politik (Parpol), memasang alat peraga kampanye (APK), sebelum masuk masa kampanye. Kebijakan itu merujuk pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang kampanye Pemilu.

Ketua KPU Sultra, Asril mengatakan, pelarangan pemasangan APK, sudah diatur pada PKPU Nomor 15 Tahun 2023. Parpol diminta tidak memasang APK, sebelum masuk masa kampanye, mulai 28 November 2023.

“Kebijakan tersebut diperkuat Surat Edaran KPU RI Nomor : 766/PL 01.6-SD/05/2023 tertanggal 27 Juli 2023. Kami juga telah menyampaikan surat imbauan kepada seluruh partai politik, untuk tidak memasang APK di luar masa kampanye,” ungkap Asril, kemarin.

Asril menjelaskan, dalam surat edaran KPU, juga diimbau kepada parpol, agar tidak memasang alat peraga sosialisasi di tempat umum, seperti di tempat ibadah, rumah sakit, gedung pemerintah, termasuk fasilitas milik TNI/Polri dan BUMN/BUMD.

Guna menindak lanjuti kebijakan tersebut, pihaknya belum lama ini telah menyampaikan surat imbauan kepada seluruh parpol. Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat, bakal menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama parpol, untuk membahas soal kebijakan masa kampanye Pemilu.

Mantan Komisioner KPU Kota Kendari ini yakin, jika semua pihak mematuhi regulasi terkait penyelenggaraan Pemilu, maka bisa dipastikan pemilu bisa berjalan lancar, aman, damai, dan kondusif serta bermartabat. (ags/b)

  • Bagikan