Pj Wali Kota Kendari Kantongi Rekomendasi KASN, Tunggu Momen Tepat Rotasi Pejabat

  • Bagikan
Asmawa Tosepu Tokoh Perubahan 2023 Penataan Wajah Kota dan Penguatan Wawasan Kebangsaan ASN
Asmawa Tosepu Tokoh Perubahan 2023 Penataan Wajah Kota dan Penguatan Wawasan Kebangsaan ASN

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu telah menerima rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), terkait hasil uji kompetensi penjabat eselon II. Rekomendasi tersebut, menjadi dasar bagi pihaknya dalam melaksanakan rotasi, mutasi, maupun promosi pejabat.

Asmawa mengungkapkan, telah menerima rekomendasi KASN terkait pergantian pejabat eselon II. Hasil tersebut berdasarkan uji kompetensi yang dilaksanakan pada Mei 2023.

"Pada dasarnya sudah ada rekomendasi KASN. Rekomendasi dari KASN (rotasi mutasi, promosi) tinggal tunggu waktu yang pas," kata Asmawa Tosepu, kemarin.

Sebelumnya, pihaknya telah melaksanakan uji kompetensi terhadap beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ia menjelaskan, uji kompetensi merupakan hal yang biasa dalam sebuah organisasi. Tujuannya untuk mengukur sejauh mana kemampuan Aparatur Sipil Negara (ASN) terhadap bidang kerjanya.

"Uji kompetensi untuk memastikan saja (masih serius atau tidak). Para pejabat pejabat inikan sudah sepersekian lama menduduki jabatan itu. Apakah masih sesuai atau kah sudah jenuh. Mungkin sudah tiga tahun atau dua tahun, sudah jenuh jadi kita coba (uji kelayakan) lagi," ungkap Asmawa Tosepu.

Kepala Biro Umum Sekretariat Kemendagri ini memastikan, hasil uji kompetensi kali ini bisa melahirkan pejabat Pemkot Kendari yang memiliki inovasi, untuk membangun daerah menjadi lebih baik kedepannya.

"Pengelolaan pemerintahan saat ini, tidak monoton. Harus ada inovasi baru yang dimunculkan oleh pejabat, makanya perlu kita lakukan uji kompetensi. Kami harap nanti ada pejabat baru yang punya inovasi. Sekarang zamannya inovasi atau terobosan,” jelasnya.

Sekadar informasi, Pemkot Kendari telah melaksanakan uji kompetensi pejabat eselon II pada 9 - 10 Mei 2023. Total ada 22 pejabat eselon II yang akan mengikuti uji kompetensi.

Penjabat yang diuji kembali yakni Muhammad Ali Aksa (Kepala Disnakerperin), Muhammad Saiful (Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan & Pembangunan), Fadlil Suparman (Kepala Diskominfo), dan La Ode Abdul Manas Salihin (Kepala Dishub).

Selanjutnya, Satria Damayanti (Kepala Bapenda), Sudirham (Kepala BKPSDM), Sitti Ganef (Kepala DP3A), Sri Yusnita (Kepala Disperpus), Junaidin Umar (Kepala Badan Kesbangpol), Syarifuddin (Inspektur Kota Kendari), Erlis Sadya Kencana (Kepala Dinas PUPR), Paminuddin (Kepala BPBD), Nismawati (Kepala DLHK), dan Andi Dadjeng (Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, SDM, dan Kerja Sama).

Kemudian uji kompetensi juga diikuti oleh Susanti (Asisten Perekonomian dan Pembangunan), Iswanto (Kepala Dukcapil), Moh Nur Razak (Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum & HAM), Samsu Alam (Kepala Satpol PP), Jahuding (Kepala Disdalduk & KB), Abdul Rauf (Kepala Dinsos), Imran Ismail (Kepala Dinas Perikanan & Kelautan), dan Hasria (Kepala Dinas Ketahanan Pangan). (b/ags)

  • Bagikan