Bertolak ke Madinah, Menanti Pemulangan

  • Bagikan
Sekda Sultra, H.Asrun Lio (kanan) bersama para Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra sebelum bertolak menuju Kota Madinah dari Kota Makkah bersama jemaah haji Kloter 24 UPG asal Kota Kendari. (IST)
Sekda Sultra, H.Asrun Lio (kanan) bersama para Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra sebelum bertolak menuju Kota Madinah dari Kota Makkah bersama jemaah haji Kloter 24 UPG asal Kota Kendari. (IST)

--Sekda Asrun Lio : Jemaah Haji dalam Kondisi Sehat


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seluruh jemaah haji Sultra, khususnya Kloter 24 Ujung Pandang (UPG) dari Kota Kendari tuntas melaksanakan ibadah haji. Mereka juga menuntaskan badal umrah sunnah bagi keluarga dekat yang telah meninggal. Sejak 12 Juli 2023, jemaah haji Kloter 24 bertolak dari Kota Makkah menuju Kota Madinah.

Di Kota Madinah, jemaah haji menanti jadwal pemulangan ke Indonesia sekaligus mengunjungi Masjid Nabawi. Jemaah haji juga akan melaksanakan ibadah salat Arbain atau salat 40 waktu di Masjid Nabawi.

Kloter 24 yang didominasi jemaah haji lanjut usia (lansia) bergerak menempuh perjalanan 450 kilometer selama 5 jam menuju Kota Madinah menggunakan bus. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sultra, H.Asrun Lio mengatakan, sebelum bertolak ke Kota Madinah, sehari sebelumnya yakni pada tanggal 10 dan 11 Juli 2023, jemaah haji menunaikan Tawaf Wada (tawaf perpisahan) di Kota Makkah.

Sekda Sultra, H.Asrun Lio yang juga Petugas Haji Daerah (PHD) Sultra memastikan jemaah haji Sultra dalam kondisi sehat. "Alhamdulillah, semua berjalan lancar dan aman. Tentu ini berkat doa seluruh masyarakat Sultra sehingga para jemaah haji, khususnya kloter 24 dalam kondisi sehat dan para petugas pun dengan sigap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya," ujarnya kepada Kendari Pos, Kamis (13/7), kemarin.

"Jenderal" ASN Provinsi Sultra ini tak henti-hentinya mengucap syukur karena secara umum kondisi jemaah haji, khususnya Kloter 24 dalam keadaan sehat. Walaupun ada beberapa lansia yang kelelahan pasca wukuf dan lontar jumrah di Armuzna namun mendapat perawatan khusus.

"Ini berkat Rahmat dan kasih sayang Allah SWT serta doa-doa terbaik kita semua. Termasuk kesigapan para tim kesehatan yang tak henti-hentinya memberikan layanan terbaik, baik melalui klinik maupun visitasi ke kamar-kamar jemaah haji.Sehingga semua kondisi dalam keadaan terkendali. Karena kita di sini dalam rangka tugas, maka semua petugas itu sama posisinya, yakni memberikan pelayanan dan membaur, jadi tidak ada lagi jabatan Sekda," tutur Sekda H.Asrun Lio penuh haru melalui sambungan telepon dari Kota Madinah, kemarin.

Sementara itu, Ketua Kloter 24 UPG, H.Sugianto menjelaskan 393 jemaah haji plus petugas haji bertolak dari Kota Makkah menuju Kota Madinah pada pukul 17.00 Waktu Arab Saudi (WAS). "393 jemaah haji dalam kondisi baik dan sehat wal afiat, meskipun terdapat 5 orang lansia memakai kursi roda," ujarnya.

H.Sugianto mewakili jemaah haji Kloter 24 UPD mengucapkan terima kasih kepada Ketua Daker Makkah dan Ketua Sektor 3, atas segala arahan dan petunjuknya sehingga jemaah haji dapat melaksanakan segala rangkaian ibadah haji. "Demikian pula, kami menghaturkan permohonan maaf,sekiranya ada khilaf dari kami selama berada di kota suci Makkah," tutupnya. (rah/b)

  • Bagikan