48 Randis dan 127 Inventaris Pemkab Dilelang

  • Bagikan
H. Nisbanurahim
H. Nisbanurahim

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Puluhan unit kendaraan dinas (Randis) dan ratusan barang inventaris milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel), siap dilelang. Pendaftaran lelang dibuka sejak tanggal 6 dan ditutup pada 12 Juli lalu. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), H. Nisbanurahim, mengatakan proses lelang noneksekusi aset milik Pemkab itu melalui perantara Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Kendari. “Semua aset yang dinilai sudah tidak layak, tetapi masih memiliki nilai ekonomis itu kami lelang. Mengingat umur aset tersebut sudah lama dan jika dipertahankan akan lebih banyak biaya pemeliharaannya,” kata mantan Kepala Bapenda Konsel tersebut, Kamis (13/7).

Ia menjelaskan, aset dan barang inventaris berupa kendaraan roda empat, roda dua dan peralatan kantor lainnya itu berasal dari sejumlah OPD. “Jadi OPD bermohon terkait aset atau barang yang akan dilelang ke Bidang Aset. Kemudian diusulkan ke KPKNL untuk dinilai harga kelayakannya,” ungkap Nisbanurahim. Hasil penjualan aset tersebut akan disetor ke Kas Daerah. Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Penghapusan, Pemindahtanganan, dan inventarisasi Bidang Aset BKAD Konsel, Isra Maya Dewi, menjelaskan, penawaran dilakukan melalui aplikasi Lelang Indonesia secara tertutup (close bidding) pada alamat domain http:/ /www.lelang.go.id.

Ia merinci, aset dan barang inventaris milik Pemkab Konsel yang akan dilelang terdiri dari 15 unit mobil dan 33 motor, serta 127 barang inventaris peralatan kantor. Mobil yang masih layak pakai ada tiga unit, kemudian motor sembilan unit. “Selebihnya itu skrap (rongsokan/besi tua) tetapi memiliki nilai moneter, terutama logam yang dipulihkan dan bahan nonlogam dapat didaur ulang,” bebernya. (b/ndi)

  • Bagikan