Kesbangpol Konawe Jaring 75 Paskibra

  • Bagikan
Tery Indria
Tery Indria

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Seleksi penerimaan pasukan pengibar bendera (Paskibra) tahun 2023 telah dituntaskan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe. Dari 389 pendaftar yang merupakan pelajar SMA sederajat, ada 75 nama telah dikantongi dan rencananya diumumkan pada pekan depan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Konawe, Tery Indria, mengatakan, pihaknya sudah mengantongi 75 nama calon Paskibra yang akan mengisi seremoni upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia di pelataran kantor Pemkab Konawe, 17 Agustus 2023 mendatang. Namun, nama calon Paskibra Konawe tersebut saat ini belum bisa diumumkan. Sebab Pemkab masih harus menunggu pengumuman akhir seleksi Paskibra tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada 14 Juli 2023.

Sebab, ada empat perwakilan Konawe yang ikut seleksi tingkat provinsi. "Jika dari empat siswa itu ada yang tidak lulus di provinsi, kita akan panggil untuk mengisi posisi Paskibra di Konawe," ujar Tery Indria, Rabu (12/7). Ia menuturkan, seleksi Paskibra kini menjadi domain Badan Kesbangpol. Pasca terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) nomor 51 Tahun 2021, seleksi Paskibra yang dulu ada di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), kini dialihkan ke instansinya.

Tery Indria menyebut, awalnya Kesbangpol melakukan perekrutan calon Paskibra Konawe secara online pada Februari-Maret 2023 lalu. "Nantinya, para Paskibra Konawe akan dikarantina selama 21 hari. Kita siapkan lokasi karantina di Hotel Nugraha Unaaha untuk pemusatan latihan mereka," imbuhnya. (c/adi)

  • Bagikan