Jadi Pembicara di Forum PBB, Ketua BPK Tekankan Pentingnya Peranan SAI Dalam Percepatan SDG

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Isma Yatun menjadi pembicara dalam High-Level Event pada peluncuran SDG Report 2023 Special Edition di
markas besar PBB New York, Senin, 10 Juli 2023. Dalam penjelasannya, Isma Yatun menegaskan, BPK berkomitmen mendukung percepatan pencapaian target Agenda 2030 untuk Sustainable Development Goals (SDG).

Terkait persoalan itu, kata Isma, ada tiga poin penting yang perlu diketahui bersama . Pertama, terkait penguatan mekanisme oversight, dengan menilai kesiapan dan implementasi
SDG, untuk memberikan assurance atas laporan capaian SDG dan rekomendasi pencapaiannya, berdasarkan mandat lembaga pemeriksa di masing-masing negara.

Poin kedua, sangat penting untuk memiliki kerangka akuntabilitas dan data yang sesuai untuk
SDG. Menurutnya, diperlukan suatu sistem pelaporan SDG yang terstandardisasi, terintegrasi, dan efisien dengan memaksimalkan potensi dari transformasi digital.

"Poin ketiga, menciptakan ekosistem dampak untuk mempertahankan nilai dan manfaat untuk masyarakat,” ungkap Ketua BPK, Isma Yatun dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 13 Juli 2023.

Isma Yatun menambahkan, BPK harus berkontribusi nyata, melalui pemeriksaan SDG terhadap pendekatan pemerintah dalam implementasi SDG. Serta mendorong kapasitas yang perlu diperkuat, untuk implementasi SDG di Indonesia.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Isma Yatun menjadi pembicara dalam High-Level Event pada peluncuran SDG Report 2023 Special Edition di markas besar PBB New York.

"Kami menghargai upaya Pemerintah Indonesia dalam persiapan dan implementasi SDG," ujarnya.

Lanjut dia, menindaklanjuti hasil audit BPK, pemerintah telah memperbaiki desain kebijakan SDG dan mekanisme kelembagaan, agar selaras dengan rencana pembangunan nasional, dengan menerbitkan Peraturan tentang implementasi SDG di tingkat nasional dan daerah.

Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Isma Yatun menjadi pembicara dalam High-Level Event pada peluncuran SDG Report 2023 Special Edition di
markas besar PBB New York.

“Saya ingin menegaskan kembali peran penting SAI dalam mendukung percepatan
pencapaian SDG. Hal ini terlihat, melalui fungsinya memastikan pelaporan yang andal dalam implementasi SDG, memberikan penilaian objektif, dan mengidentifikasi area untuk perbaikan. Melalui audit independen, SAI bertindak sebagai katalisator untuk akuntabilitas dan transparansi, mendorong penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien untuk mewujudkan keberhasilan SDG,” imbuhnya.

Dalam momentum itu, Ketua BPK Isma Yatun Bersama pembicara lainnya. Diantaranya, Perdana Menteri Kanada, Barbados serta pejabat senior PBB dan Menteri Belanda (KP/*)

  • Bagikan