Pembangunan Patung Oputa Yi Koo Kembali Dilanjutkan

  • Bagikan
Martin Effendi Patulak
Martin Effendi Patulak

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melanjutkan pembangunan Patung Oputa Yi Koo yang berlokasi di Kotamara, Kota Baubau tahun ini. Pengerjaan proyek itu mulai kembali on progres setelah tahap lelang tuntas.

Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra Martin Effendi Patulak mengatakan, untuk pengerjaan patung Oputa Yi Koo di Baubau tahun ini telah selesai Pre Construction Meeting (PCM) dan telah tuntas tandatangan kotrak.

“Saat ini persiapan pekerjaan sudah dilakukan dan seluruh tim sudah ke sana, bahkan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan dan konsultan pengawas sudah mulai bekerja,” kata Effendy.

Dia mengatakan, untuk kisaran anggaran yang disiapkan sebesar Rp36 miliar dan dipastikan pekerjaan selesai tahun ini.

“Jadi tahun ini konstruksi, finishing dan patung sudah harus selesai. Sehingga kita berharap seluruh proses pekerjaan bisa tuntas sesuai target Desember 2023 mendatang,”jelasnya.

Dia menambahkan, tahun ini fokus pekerjaan pada bangunan bagian atas. Sebab untuk tiang pancang dan kolom sudah selesai dikerjakan.

“Untuk plat lantai sudah selesai, tinggal struktur patung dengan finishing yakni pagar keliling. Patungnya akan berdiri kokoh setinggi 23 meter dan terbuat dari tembaga, "ungkapnya (rah/c)

  • Bagikan