Wujudkan Sultra Beriman, Pemprov Siap Gelar STQH ke XXVII

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra akan menggelar Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) ke XXVII Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023. Rencananya kegiatan tersebut akan digelar pada 14 sampai dengan 17 Juli 2023.

"Kegiatan STQH merupakan salahsatu program proritas pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai pembinaan seni baca Al-Quran yang disinergikan program Sultra Beriman," ujar Gubernur Sultra, Ali Mazi dalam rekaman video testimoninya, Selasa (11/7/2023).

Ia berharap kegiatan STQH ini dapat menghasilkan Qori dan Qoriah, hafiz dan hafizah, mufazir dan mufazirah serta para penghapal hadits yang dapat memberikan dorongan dan motifasi terhadap pengamalan dan implementasi nilai-nilai ajaran Al Quran dan Hadits dalam kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Direktur Event Organizer (EO) ARC Communication, Sartika mengungkapkan sejauh ini persiapan panitia telah mencapai 80 persen.

"Kalau secara teknis, semua sudah 80 persen mulai dari ruangan untuk lomba, kemudian perlengkapan untuk lomba," tuturnya, Selasa (11/7/2023).

Tika mengungkapkan para peserta berasal dari 17 Kabupaten/Kota se Sulawesi Tenggara yang nanti pemenang seleksi akan mewakili Provinsi Sultra pada lomba ditingkat nasional. “Ini agenda rutin tiap tahun," bebernya.

Sekedar informasi, Ada Sepuluh Kategori Lomba dalam STQH tahun ini. Kegiatan yang mengangkat tema STQH Sarana Penguatan Implementasi Program Sultra Beriman dalam Rangka Mewujudkan Generasi Berkarakter Qur'ani ini membuka sepuluh cabang seleksi terdiri dari putra dan putri.

  1. Tilawah Al-Quran Golongan Anak-anak
  2. Tilawah Al-Quran Golongan Dewasa
  3. Hafalan Al-Quran Golongan 1 Juz dan Tilawah
  4. Hafalan Al-Quran Golongan 5 Juz dan Tilawah
  5. Hafalan Al-Quran Golongan 10 Juz
  6. Hafalan Al-Quran Golongan 20 Juz
  7. Hafalan Al-Quran Golongan 30 Juz
  8. Hafalan Hadist 100 dan Sanad
  9. Hafalan Hadits 500 tanpa Sanad
  10. Tafsir Al-Quran Golongan Bahasa Arab

"Kegiatan ini nantinya berpusat di Hotel Claro Kendari," pungkas Tika.

  • Bagikan