Pemkot Kendari Dapat Jatah Rp 20 Miliar

  • Bagikan
Erlis Sadya Kencana

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kota Kendari masuk dalam program Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023, tentang percepatan peningkatan konektivitas jalan daerah. Efek positif dari kebijakan ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, bakal dapat jatah dari pemerintah pusat, lewat anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sebesar Rp 20 miliar. Anggaran itu, akan digunakan untuk membangun jalan di Kota Lulo.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana menjelaskan, program Inpres tahun ini, dihadirkan dalam rangka, percepatan peningkatan konektivitas jalan untuk memberikan manfaat maksimal, dalam mendorong perekonomian daerah. Di Kendari, kata Erlis, jalan yang akan dibangun berada diantara Jalan Chairil Anwar dan Jalan Simbo (Abeli Dalam). Panjangnya sekira 3 kilo meter. “Tapi baru satu jalur yang dibangun. Awalnya, kami usul pembangunan dua jalur. Tapi, karena keterbatasan anggaran, jadi hanya satu jalur,” kata Erlis.

Erlis optimis, terbukanya akses jalan baru, dapat menghubungkan dan mengintegrasikan suatu wilayah, dengan sentra ekonomi. Serta, membantu pemerataan kondisi jalan di Kota Kendari. “Pembangunan jalan daerah yang saling terhubung dan terintegrasi, dapat mendukung produktivitas kawasan. Mulai dari kawasan pariwisata, perkebunan, pertanian, dan kawasan produktif lainnya,” imbuhnya. (b/ags)

  • Bagikan