Puncak Arus Mudik Lewat, Pelabuhan Nusantara Kendari Mulai Lengang

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID-Pelabuhan Nusantara Kendari mulai terlihat lengang, Kamis, 20 April 2023. Tidak ada lagi penumpang yang berebut naik kapal. Tidak ada lagi pemandangan penumpang berada di atas atap kapal. Maklum, puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah sudah berakhir, Rabu, 19 April 2023.

Pantauan media ini, sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita, aktivitas di Pelabuhan Nusantara Kendari sudah seperti hari normal. Di sana memang masih standby dua kapal cepat: Exspress Priscilia 88 dan Express Bahari 9B. Namun, yang berangkat menuju Muna hanya Express Priscilia. Penumpangnya, meski semua kursi terisi, tapi tidak sampai bertumpuk, sebagaimana pemandangan terlihat beberapa hari terakhir.

Suasana Pelabuhan Kapal Cepat Nusantara Kendari tampak lengang, Kamis pagi, 20 April 2023.

Tidak adanya penumpukan penumpang di Pelabuhan Nusantara Kendari dibenarkan salah satu Petugas Kapal Cepat, Rudi. "Puncak arus mudik sudah selesai kemarin. Hari ini, masih banyak juga penumpang, tapi tidak sampai berdesak-desakan," jelasnya.

Salah seorang penumpang Express Priscilia, Rani Ayuni mengaku senang, karena tidak lagi harus berdesak-desakan di kapal. Dia mengaku sengaja mengambil jadwal mudik, Kamis, 20 April 2023, karena penumpang sudah berkurang.

Penanganan arus mudik lebaran tahun ini, berjalan dengan baik. Tidak ada hambatan berarti ditemukan di lapangan. Semua itu tak lepas dari kesigapan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Kendari bersama stakeholder terkait. Salah satunya, karena keberadaan Posko Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Nusantara Kendari.

Menjelang siang, penumpang mulai berdatangan dan masuk Kapal Cepat Express Priscilia 88. Tidak lagi terlihat penumpukan penumpang di pelabuhan maupun dalam kapal. FOTO: KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID

"Keberadaan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 1444 H/2023 membuat koordinasi lintas sektor semakin mudah. Sehingga, ketika ada kendala semua cepat diselesaikan," ungkap General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Kendari, Capt. Suparman. Hingga puncak arus mudik 19 April 2023, semua berjalan aman dan lancar. (KP)

  • Bagikan