Jelang Idul Fitri, Rutan Raha Gelar Razia

  • Bagikan
Aktivitas razia kamar warga binaan Rutan Raha

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raha bersama Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satps Patnal) Divisi Permasyarakatan Kemenkunham Sultra melakukan razia kamar hunian warga binaan. Tujuannya, memastikan kemanan rutan menjelang perayaan Idulfitri 1444 Hijriah. Salah satunya bersih dari narkotika.

Kepala Rutan Kelas IIB Raha, La Ode Muh. Masrul mengatakan pengeledahan kamar hunian warga binaan merupakan deteksi dini untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Termasuk memastikan Rutan dalam keadaan aman jelang Idul Fitri. “Deteksi dini ini untuk mengetahui sejauh mana tingkat pengamanan di Rutan. Selain itu, sebagai bentuk mencegah barang-barang yang tidak diperbolehkan dibawa masuk atau dimiliki oleh warga binaan,” ujar Masrul, kemarin.

Dia melanjutkan, kegiatan pemeriksaan kamar hunian tersebut juga dilaksanakan secara mendadak dan rutin oleh Rutan Raha. Tujuannya, agar tidak memberikan kesempatan terhadap warga binaan untuk melakukan perbuatan melanggar hukum di Rutan. “Dari kegiatan razia itu, petugas tidak menemukan narkoba dan sejenisnya maupun pemberian fasilitas khusus di semua kamar blok. Pelaksanaan penggeledahan kamar hunian berjalan dengan tertib aman dan terkendali,” tambahnya.

Mantan Pelaksana tugas (Plh) Kepala Lapas Singkawang Kelas IIB Kalimantan Barat (Kalbar) itu berharap petugas Rutan Raha dapat meningkatkan kewaspadaannya. Jangan lengah dalam bekerja khusunya terhadap keamanan dan ketertiban. “Tentunya, kami juga akan terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh warga binaan,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan