HUT ke 59 Sultra Bakal Dimeriahkan Atraksi Udara

  • Bagikan
Asrun Lio

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 27 April saban tahun, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berulang tahun. Kini, Provinsi Sultra berusia 59 tahun, setengah abad lebih membersamai masyarakat Sultra. Pemprov tak pernah luput memperingati momen bersejarah Sultra menjadi daerah otonomi pada tahun 1964.

HUT Sultra kali ini menjadi momentum peneguhan komitmen seluruh elemen untuk menuju Sultra sejahtera dalam bingkai Garbarata (Gerakan Pembangunan Wilayah Daratan dan Kepulauan). Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Asrun Lio mengatakan Pemprov Sultra mematangkan persiapan menyongsong peringatan HUT ke-59 Sultra, 27 April nanti.

Pemerintah kabupaten dan kota se-Sultra harus berpartisipasi untuk menyukseskan HUT ke-59 Sultra ini. "Kita sudah berkoordinasi dengan semua pihak, bahkan seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Sultra agar sama-sama menyukseskan HUT Sultra. Sebab ini hari jadi Sultra, hari jadi kita bersama," ujar Sekda Asrun kepada Kendari Pos usai rapat pemantapan HUT Sultra di kantor gubernur, Kamis (13/4), kemarin.

Untuk memeriahkan peringatan HUT Sultra, Pemprov bakal mempersembahkan atraksi udara di pelataran kantor gubernur pada 27 April. Pada momen itu juga akan dihadirkan seluruh kepala desa dan lurah se-Sultra.

Menurut Sekda Asrun, Pemprov telah meminta kesediaan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) untuk mempersembahkan aksi atraksi udara pada HUT Sultra nanti. "Nanti akan dilihat kondisinya apakah atraksi udara itu fly-pass (atraksi terbang bebas pesawat-pesawat tempur dengan membentuk formasi,red) atau apakah terjun payung. Tetapi kita sudah koordinasi bahwa atraksi udara akan tetap dihadirkan pada momen HUT Sultra dan kemungkinan melibatkan putra putri daerah Sultra," terangnya.

Sebelumnya, Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, Provinsi Sultra memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional. Sultra memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah baik di sektor pertanian dan perkebunan, kelautan dan perikanan, hingga sektor pertambangan.

"Kami yakin, usia Provinsi Sultra yang terus bertambah akan seiring dengan kontribusi kita terhadap pembangunan daerah. Kekayaan alam yang kita miliki akan dimanfaatkan untuk kesejahteraan seluruh masyarakat," ujar Gubernur Ali Mazi dalam sebuah kesempatan.

Ia mengajak seluruh stakeholder di Sultra untuk menyukseskan peringatan HUT 59 Sultra tahun 2023. "Mari kita jadikan HUT Sultra ke-59 sebagai momentum untuk mengakselerasi pembangunan baik di wilayah daratan maupun di kepulauan demi kesejahteraan masyarakat Sultra dan rakyat Indonesia secara umum," kata Gubernur Ali Mazi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra, Belli Tombili, mengatakan penyelenggaraan HUT ke-59 Sultra terbilang istimewa karena HUT terakhir bagi pemerintahan Aman (Ali Mazi-Lukman Abunawas) dan dilaksanakan masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 2023.

Kata Belli, rangkaian HUT kali ini cukup panjang. Diawali upacara dan sidang paripurna DPRD dalam rangka HUT Sultra di kantor gubernur, 27 April 2023. "Lalu, 1 Mei 2023, digelar panggung hiburan rakyat dan rencananya menghadirkan artis legendaris Iwan Fals. Momentum ini sekaligus menjadi ajang kick off peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia/Bangga Berwisata di Indonesia (Gernas BBI/BBWI)," ujar Belli Tombili.

Rangkaian terakhir penyelenggaraan HUT adalah pameran (Expo) pembangunan yang melibatkan seluruh OPD Pemprov Sultra, kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, dan swasta, dan UMKM. Pameran berlangsung 3-7 Mei 2023 di Kabupaten Koltim.

Tuan rumah expo pembangunan HUT Sultra, Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis meminta seluruh jajarannya untuk memaksimalkan persiapan demi menyambut para tamu dari 17 kabupaten/kota se-Sultra serta undangan lainnya. Rumah-rumah penduduk disiapkan untuk penginapan tamu yang diperkirakan mencapai ribuan orang karena jumlah hotel di Koltim terbatas.

“Saat ini persiapan venue penyelenggaraan sudah mencapai 80 persen. Tim terus bekerja untuk mempersiapkan lokasi pelaksanaan expo HUT di Kecamatan Tirawuta, yang luasnya sekira 8 hektare. Posisi panggung utama sudah kita siapkan. Lokasi sudah ditinjau Pemprov Sultra,” jelas Plt.Bupati Koltim, Abdul Azis. (rah)

  • Bagikan