Pastikan Pembangunan Merata, Surunuddin Pantau Wilayah Terluar

  • Bagikan
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga ketika melakukan kunjungan kerja di Desa Labuan Beropa dan Cempedak, Kecamatan Laonti, kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Konsep "Desa Maju Konsel Hebat" yang digalakkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan dibawah kendali Bupati, H. Surunuddin Dangga, terus direalisasikan. Semua desa mendapat perhatian, tak terkecuali wilayah terluar. Bupati mengatakan, sudah menjadi kewajiban pemerintah memastikan kondisi masyarakatnya secara langsung. Tak hanya duduk di ruang kerjanya, Konsel-1 itu turun langsung blusukan. Terbaru, lewat jalur laut menggunakan KM 01 Konawe Selatan, didampingi sejumlah pimpinan OPD, Surunuddin mengunjungi langsung masyarakat Desa Labuan Beropa dan Cempedak, Kecamatan Laonti, Rabu (12/4).

Kunjungan tersebut sekaligus menyalurkan sejumlah bantuan Sembako serta dana hingga puluhan juta rupiah untuk pembangunan masjid. Selain itu juga, dimomentum bulan suci Ramadan 1444 Hijriah, dirinya menanyakan langsung apa yang menjadi permasalahan dan kebutuhan masyarakat agar Pemkab dapat melakukan intervensi.
"Saya ingin memastikan bahwa desa-desa terluar di wilayah Konsel ini terus mendapatkan perhatian. Melalui kepala desa, kami minta apa saja yang perlu dan mendesak untuk diintervensi pemerintah. Kita kerjakan demi mempercepat pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat," komitmennya, kemarin.

Percepatan pembangunan, kata Surunuddin, terus dilakukan secara merata. Utamanya masalah pendidikan, kesehatan dan tentu saja peningkatan kualitas perekonomian masyarakat. Kehadirannya di Labuan Beropa dan Cempedak, untuk memastikan dua desa itu terus berkembang. "Kesehatan dan pendidikan merupakan hal yang penting, karena dengan ilmu yang baik dan kesehatan berkualitas kita bisa meningkatkan perekonomian dan anak-anak kita sebagai generasi penerus menjadi putra putri yang unggul. Kita boleh terluar, tapi tidak boleh tertinggal, makanya kami hadir untuk melakukan percepatan pembangunan di sini," terangnya.

Masyarakat di Labuan Beropa dan Cempedak, sambungnya jangan merasa tidak diperhatikan. Sejauh apapun, pemerintah akan tetap memberi atensi. Sebab itu amanah tugas dan tanggung jawabnya.
"Kita boleh tinggal dimanapun, akan tetapi pemikiran kita akan perkembangan tidak boleh ketinggalan zaman. Saya perintahkan camat dan mengajak kepala desa untuk terus bersinergi dengan Pemkab Konsel. Segala yang menjadi kebutuhan mohon disampaikan dan kita lakukan tindakan nyata," kata mantan Ketua DPRD Konsel tersebut.

Pada kesempatan itu, masyarakat meminta pemerintah membangun sekolah, tambatan perahu, menyediakan sarana air bersih hingga mendirikan pasar. Menanggapi keluhan dan permintaan masyarakat, Surunuddin mengatakan satu persatu akan ditindaklanjuti. Bupati memerintahkan OPD terkait melakukan intervensi.

"Untuk kawasan pemukiman, nanti saya agendakan ke sini mengecek lokasi tersebut apakah layak atau tidak. Tentang permintaan tambahan tenaga guru dan perbaikan sekolah akan menjadi prioritas. Kemudian penerangan dan terkait sertifikat PTSL yang belum diterima masyarakat akan ditindaklanjuti," janjinya.

Begitu pula terkait pembangunan pasar, bupati meminta camat menyiapkan tempat. Kemudian fasilitas kesehatan, Surunuddin perintahkan Dinkes mengalokasikan anggaran pembangunan Puskesdes. "Saya akan perintahkan dinas terkait untuk menganggarkan, serta memastikan program-program berjalan sebagaimana yang diharapkan," tandasnya. (b/ndi)

  • Bagikan