22.770 KPM di Muna Dapat Bantuan Beras

  • Bagikan
Proses pengecekan kualitas beras sebelum disalurkan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 22.760 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kabupaten Muna akan menerima bantuan pangan berupa beras dari pemerintah. Bantuan ini disalurkan melalui Bulog selama tiga bulan. Tahap pertama, distribusi bantuan disalurkan sebelum hari raya Idul Fitri 2023.

Sekretaris Kabupaten Muna, Eddy Uga memastikan beras bantuan memiliki kualitas baik, sebelum disalurkan kepada masyarakat di seluruh kecamatan. Berdasarkan hasil pengecekan, kualitas beras dalam kondisi baik dan sangat siap untuk diedarkan. “Bantuan ini tentu akan meringankan beban masyarakat dalam mencukupi kebutuhan pangan sehari-hari. Kami berharap, dengan bantuan ini dapat menekan inflasi terhadap komoditas beras serta menjaga keterjangkauan beras,” ujar Eddy Uga, Rabu (12/4).

Kepala Cabang Perum (KCP) Bulog Raha, Ritno mengungkapkan bantuan pangan 2023 tersebut akan disalurkan kepada 22.760 KPM di 22 kecamatan di Kabupaten Muna. Selain itu, bantuan pangan bersumber cadangan beras pemerintah (CPB) akan disalurkan sebanyak 260 ton. “Masing-masing KPM akan menerima bantuan sebanyak 10 kilogram beras. Jenis beras yang disalurkan berkualitas premium. Dalam penyalurannya, kami berkomitmen bantuan ini tepat waktu dan tepat sasaran,” ungkapnya.

Dia menambahkan, program pemerintah ini juga digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, yang merupakan intruksi Presiden Jokowi. Untuk penerimanya sudah terdata langsung dari pemerintah pusat. “Kami berharap, program ini dapat terlaksana dengan lancar. Tentunya bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya yang berpendapatan rendah. Terlebih lagi, harga pangan yang melonjak menjelang lebaran, sehingga membantu meringankan beban penerima manfaat,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan