Jurus Anton Timbang Bangun Ekonomi

  • Bagikan
Ketua KADIN Sultra Anton Timbang (delapan dari kanan) dan Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh (tengah, pakai batik) saling berjabat erat usai foto bersama dalam rangka ekspose 2 tahun Anton Timbang memimpin Kadin Sultra

KENDARINEWS.COM -- Anton Timbang sudah dua tahun memimpin Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra). Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-2 Kadin Sultra dipimpin Anton Timbang berlangsung semarak, Senin (10/4).

Prestasi gemilang berhasil diukir Anton Timbang selama menakhodai organisasi yang menghimpun para pengusaha itu. Semangat misi satu hati bangkitkan ekonomi, Kadin Sultra berkontribusi besar mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Ketua Umum Kadin Sultra Anton Timbang mengatakan, Kadin adalah rumah bersama para pengusaha Indonesia untuk mengembangkan dunia usaha. Membahas permasalahan dihadapi, merumuskan solusi dan mengembangkan gagasan untuk kemajuan bersama. Negara telah menjamin eksistensi Kadin dalam undang-undang nomor 1 tahun 1987.

Ketua KADIN Sultra Anton membagikan santunan kepada Santri dan Santriwati

"Acara ini merupakan refleksi perjalanan 2 tahun Kadin sultra periode 2021-2026 di masa kepemimpinan saya.
Ekspose 2 tahun Kadin sultra untuk menyampaikan berbagai hal. Apa yang telah dan akan Kadin Sultra lakukan selanjutnya," kata Anton Timbang, Senin (10/4) saat memberikan sambutan dalam HUT Kadin Sultra. Turut hadir Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, Sekda Kendari Ridwansyah Taridala, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin dan Kakanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sultra itu menjelaskan, pengalaman ekspose tahun sebelumnya, banyak mendapat masukkan dan respon positif. Dampaknya, semakin banyak kerjasama yang dilakukan, termasuk pelibatan Kadin sultra dalam beberapa program pemerintah daerah bahkan pemerintah pusat. Demikian pula ajakan dari berbagai asosiasi pengusaha untuk melihat berbagai permasalahan dunia usaha di Sultra.

Ketua KADIN Sultra Anton (tengah) memotong nasi tumpeng dalam giat Ekspose 2 tahun KADIN Sultra

Yang sangat menarik, beberapa pengusaha dan UMKM yang tadinya belum berafiliasi dengan Kadin Sultra, kini sudah bergabung dan Kadin memfasilitasi untuk pengembangan usaha dan
perluasan kerjasama pemasaran.

"Untuk itulah, ekspose 2 tahun Kadin sultra dengan tema satukan hati bangkitkan ekonomi Sultra. Dalam implementasinya, Kadin Sultra mengutamakan kolaborasi dan sinergisitas untuk kebangkitan menuju kemandirian dunia usaha Sultra," jelasnya.

Menurut Anton, peran dan fungsi Kadin harus terus ditingkatkan. Kadin harus adaptif menghadapi dinamika perekonomian dalam berbagai situasi, untuk meningkatkan sinergisitas, konsolidasi daerah dengan Kadin kabupaten/kota terus dilakukan. Konsolidasi Kadin Indonesia dengan Presiden dilakukan pada tanggal 23 agustus 2022. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan konsolidasi Wilayah Sulawesi melalui Rakorwil Sulawesi pada tanggal 16-17 september 2022 di Manado dan konsolidasi nasional melalui Rapimnas 2 desember 2022 di Jakarta.

  • Bagikan