Rp 64 Miliar untuk Operator Sekolah di Buteng

  • Bagikan
Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup menyerahkan bantuan peralatan sekolah, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Pendidikan menyerahkan bantuan peralatan ke sejumlah sekolah di daerah itu. Bantuan yang diberikan berupa chromebook untuk siswa 580 unit dengan anggaran Rp 3,2 miliar, bantuan laptop untuk guru 118 unit senilai Rp 1,5 miliar, dan interactive display 10 unit senilai Rp 1,6 miliar sehingga total bantuan senilai Rp 6,4 miliar yang dialokasikan pada tahun 2023 ini.

Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup mengatakan, pemerintah sudah menyediakan anggaran yang relatif besar untuk pembangunan bidang pendidikan di Kabupaten Buton Tengah. “Kini tinggal kita semua para pemangku kepentingan bidang pendidikan di Buton Tengah untuk mengimplementasikan berbagai kebijakan bidang pendidikan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku,” ujar Muhammad Yusup usai peneyerahan bantuan yang dilaksanakan dalam kegiatan Advokasi dan Regulasi Pemda oleh Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sultra.

Menurut Muhammad Yusup, pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan nasional dan prioritas pembangunan Kabupaten Buton Tengah. Pendidikan merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Peningkatan kualitas pendidikan juga sebagai upaya pengentasan kemiskinan dan penurunan angka stunting.

Dengan peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas dasar pendidikan diharapkan mampu meningkatkan derajat pendidikan sehingga akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat ke arah yang lebih baik.

Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya dan membuat kebijakan untuk kemajuan pembangunan bidang pendidikan seperti realisasi 20 persen APBN untuk bidang pendidikan, peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan, penyaluran Dana Alokasi Khusu (DAK) bidang pendidikan, Bantuan Operasional Sekolah (BOS), dan lain sebagainya. “Karena itulah kita selaku pemerintah daerah dan juga pemangku kepentingan bidang pendidikan hendaknya dapat bekerja lebih keras lagi dengan kesungguhan dan keikhlasan untuk melakukan berbagai upaya meningkatkan kemajuan pembangunan bidang pendidikan khususnya di Kabupaten Buton Tengah,” pungkasnya. (uli/b)

  • Bagikan