Penumpang Diprediksi Meningkat 15 Persen

  • Bagikan
General Pelindo Regional 4 Kendari, Suparman (tengah) saat memaparkan kesiapan Pelindo jelang Ramadan 1444 Hijriyah, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pelindo Regional 4 Kendari memprediksi, kenaikan jumlah penumpang kapal laut sebesar 15 persen saat Ramadan 1444 Hijriyah. Itu diungkapkan General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Capt. Suparman dalam Coffe Morning Pelindo di salah satu warkop di Kota Kendari, kemarin.

Menurut Suparman, kenaikan jumlah penumpang di pelabuhan, dipengaruhi sebagian besar masyarakat Kota Kendari, beragama Islam dan memiliki budaya melaksanakan ibadah puasa dan lebaran di kampung halaman.

Dia merinci, kenaikan penumpang 15 persen bakal terjadi di seluruh pelabuhan laut di Kota Kendari. Seperti diantaranya, Pelabuhan Nusantara Kendari, Pangkalan Perahu, dan Pelabuhan Bungkutoko dengan rute Kendari, Muna, Baubau, Buton Utara, Wakatobi, dan Konawe Kepulauan, serta rute pelayaran lainnya. “Pengalaman tahun sebelumnya, angkutan Ramadan dan lebaran, jumlah penumpang pasti membludak. Apalagi tahun ini, bertepatan dengan weekend. Jadi, penumpang bisa meningkat 15 sampai 20 persen,” ungkapnya.

Sebagai bentuk antisipasi, dari sisi fasilitas terminal/pelabuhan, pihaknya bakal memaksimalkan layanan pelabuhan. Termasuk menambah tenda, jika fasilitas pelabuhan seperti ruang tunggu penuh. Sementara dari sisi angkutan, pihaknya bakal berkoordinasi dengan otoritas terkait. Dalam hal ini, PT Pelni untuk penambahan kapal angkutan mudik. “Kita akan komunikasikan dengan stakeholder terkait, untuk penambahan kapal. Kita upayakan seluruh penumpang terangkut dan yang paling penting, bisa selamat sampai tujuan,” pungkas Suparman.

Berdasarkan informasi dari Pelindo, jumlah penumpang kapal di seluruh pelabuhan di Kota Kendari saat Ramadan, diprediksi mencapai 3 ribu penumpang setiap hari. (b/ags)

  • Bagikan