Infrastruktur Dasar dan SDM Skala Prioritas 2023

  • Bagikan
Safiuddin Alibas

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Upaya untuk mewujudkan Konawe Kepulauan (Konkep) sebagai daerah yang maju melalui pembangunan infrastruktur maupun sumber daya manusia (SDM) terus direalisasikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Tahun 2023 ini, Pemkab Konkep masih berfokus pada pembangunan infrastruktur dasar dan SDM. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Konkep, Safiuddin Alibas, mengakui, tahun ini skala prioritas pembangunan daerah tetap sama seperti sebelumnya, yakni melanjutkan pembangunan infrastruktur.

"Yang akan dilanjutkan itu seperti jalan lingkar Konkep, infrastruktur pelabuhan, jembatan, irigasi dan pelayanan dasar lainnya. Selain itu pembangunan SDM juga menjadi skala prioritas yang terus dilakukan setiap tahun," ujar Safiuddin Alibas, Kamis (2/3).

Menurutnya, ada tiga sektor yang akan dilakukan pengembangan oleh Pemkab Konkep. Mulai dari pertanian, perikanan hingga pariwisata.
"Ketiga sektor ini sangat besar dan menjanjikan untuk dikembangkan. Dengan fokus mengembangkan potensi yang kita miliki, maka menjadikan Konkep sebagai daerah maju merupakan sebuah kepastian," optimis Safiuddin Alibas.

Diakuinya, pembangunan infrastruktur dasar berkelanjutan dan peningkatan SDM merupakan program prioritas Bupati, Amrullah dan Wakil Bupati, Andi Muhammad Lutfi dalam dua periode kepemimpinan di Konkep. Itu sesuai dengan visi dan misi yakni Wawonii Bangkit atau Wawonii berkembang, kompetitif dan tangguh. "Ini ikhtiar Pemkab dalam mewujudkan Konkep sebagai daerah yang maju dan mampu bersaing dengan wilayah di Sulawesi, Indonesia maupun mancanegara," ungkapnya. (b/jib)

  • Bagikan