Raih Adipura, DLH Kolaka Imbau Warga Tetap Jaga Lingkungan

  • Bagikan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyerahkan piala Adipura kepada Pemkab Kolaka yang diterima Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Abdi Arif di Jakarta, kemarin.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka berhasil meraih penghargaan Adipura tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI. Penghargaan diserahkan langsung Menteri LHK, Siti Nurbaya di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (1/3).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kolaka, Abdi Arif, yang menerima langsung penghargaan tersebut, mengungkapkan, Kabupaten Kolaka merupakan salah satu daerah di tanah air yang ditunjuk dan ditinjau oleh Kementerian LHK untuk penilaian kegiatan Adipura. Hasil penilaiannya, Kolaka layak mendapatkan piala adipura. “Saat kami mengirim laporan ke Kementerian LHK, laporan itu dinilai layak untuk ditinjau dan dilihat dalam rangka penilaian Adipura. Alhamdulliah, hasilnya hari ini Kolaka berhasil mendapatkan piala kategori kota kecil,” ungkapnya, kemarin.

Abdi berharap, prestasi tersebut kedepannya dapat ditingkatkan dan minimal dipertahankan. Untuk itu, dirinya mengajak seluruh pihak agar tetap menjaga kebersihan lingkungannya. “Piala Adipura ini diberikan kepada sejumlah kota dan kabupaten yang berhasil dalam mengelola kebersihan dan lingkungan. Jadi, agar piala ini dapat kembali kita raih, maka mari jaga kebersihan lingkungan,” tutur Abdi Arif.

Mantan Camat Wolo itu mengatakan, prestasi yang diraih kali ini tidak lepas dari arahan Bupati, H. Ahmad Safei serta kerja sama seluruh jajaran di lingkup Pemkab. “Berkat arahan dan kerja sama tersebut maka semua indikator penilaian Adipura dari Kementerian LHK dapat dicapai dengan maksimal sehingga kita bisa mendapatkan piala adipura ini,” ujarnya. (c/fad)

  • Bagikan