Fasilitas Damkar dan Penyelamatan Makin Optimal

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Melakukan pemadaman kebakaran dan penyelamatan tidak bisa hanya dengan semangat menyala-nyala atau tekad kuat, karena risikonya terlalu besar. Dalam operasi yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, harus dengan keterampilan dan peralatan yang memadai. Untuk meningkatkan pelayanan pemadaman kebakaran, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan baru saja menerima hibah empat unit mobil dari Kemendagri melalui Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil). Diantaranya dua unit mobil pemadam, satu mobil komando dan satu ambulans.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarpen), Hasran Parenda, mengatakan, ada sepuluh daerah yang diberi bantuan hibah tersebut. Salah satunya Pemkab Konsel. “Bantuan hibah kendaraan itu diserahkan secara simbolis oleh Direktur Jenderal Bina Adwil Kemendagri, Safrizal yang diterima Wakil Bupati Konsel Rasyid, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat, 28 Februari 2023 kemarin,” kata Hasran saat dikonfirmasi, Rabu (1/3).

Hasran berharap, dengan bantuan tersebut dapat maningkatken pelayanan kepada masyarakat. Selain itu sekaligus upaya manggalang solidaritas, jiwa patriot serta memerkuat pengabdian aparatur. “Tentu dengan bantuan ini, kami akan lebih maksimal dalam menjalankan tugas-tugas,” ungkap Hasran.

Untuk diketahui, pasca rapat koordinasi dan penyerahan bantuan hibah kendaraan Damkar, dilakukan upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-104 tahun di Monas, dirangkaikan festival penyelamatan. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga. Surunuddin berpesan pada petugas Pemadam Kebakaran sebagai insan yang menjalankan tugas mulia harus mampu menunjukan kualitas kinerja baik. Menjadi pilar terdepan dalam menjalankan fungsi pencegahan, pemadaman dan penyelamatan korban. “Di samping itu petugas pemadam juga harus terus memersiapkan diri dalam menghadapi situasi dan ancaman bencana, baik kebakaran dan non kebakaran lainnya,” terang bupati dua periode itu. (c/ndi)

  • Bagikan