Berkunjung di Khalifa University, Ruksamin Bakal Dorong Mahasiswa Konut Berkuliah di Uni Emirat Arab

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Bupati Konawe Utara Ruksamin berkunjung ke Kota Abu Dhabi Uni Emirat Arab, Rabu (1/2) kemarin. Kunjungan tersebut dalam rangka menghadiri undangan Investopia yang merupakan platform investasi internasional.

Di sela-sela kunjungan tersebut, Bupati Konut dua periode itu, menyempatkan diri menyambangi Khalifa University. Ia diterima langsung beberapa profesor. Intisari pembahasan yang didiskusikan dalam pertemuan dengan para profesor Khalifa University yakni seperti apa peran Khalifa University dalam berkonstribusi bagi pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat di UEA.

"Awalnya UEA di tahun 1960 hanya mengandalkan sektor perikanan. Kemudian ditemukan sumur minyak yang berdampak signifikan melejitnya perekonomian negara. Dan sekarang UEA tidak hanya mengandalkan minyak berbasis ramah lingkungan, namun juga merambah pada sektor pendidikan, pariwisata, penerbangan yang membuat Uni Emirat Arab saat ini menjadi pusat ekonomi dunia," kata Ruksamin kepada Kendari Pos, Kamis (2/3).

Dalam pertemuan tersebut, Ruksamin meminta kepada pihak Khalifa University agar bisa bekerja sama di sektor pendidikan. Ia berharap pengajuan kerja sama tersebut bisa diterima dan selanjutnya ia akan menyiapkan anak-anak Konut untuk melanjutkan pendidikan di Abu Dhabi UEA.

"Ini bagian dari membangun sumber daya manusia Konawe Utara dan Sulawesi Tenggara pada umumnya yang lebih baik. Yang nantinya mereka menjadi pelanjut estafet pembangunan daerah," ujar Ruksamin.

Usai pertemuan dengan beberapa pofesor Khalifa University, kemudian Bupati Konut Ruksamin makan siang bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Uni Emirat Arab, Husin Bagis. Dalam perjamuan tersebut, Bupati Konut Ruksamin juga menawarkan kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur seperti pelabuhan dan energi terbarukan seperti PLTA.

"Termasuk membahas kerja sama di sektor pertanian seperti cengkeh, kelapa, lada dan pala untuk di pasarkan di UEA," tandasnya. (ali).

  • Bagikan