H. Ahmad Safei, Pemimpin Bertabur Prestasi dan Dicintai Rakyat

  • Bagikan
Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, S.H., M.H

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, S.H., M.H 

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pasca dilantik sebagai Bupati Kolaka pada 14 Januari 2014 lalu, H. Ahmad Safei langsung bergerak cepat menata Bumi Mekongga. Banyak karya pembangunan ditorehkan Safei diperiode pertamanya. Mulai dari perluasan Jalan Pemuda menjadi dua jalur, pengaspalan Jalan By Pass Kolaka-Pomalaa dan pembangunan rumah sakit umum daerah yang megah. Berkat karya pembangunan yang luar biasa tersebut, membuat masyarakat Kolaka tidak ragu untuk memberikan suaranya kepada Ahmad Safei untuk kembali memimpin Bumi Mekongga kedua kalinya.

Berkat karya pembangunan yang luar biasa, masyarakat Kolaka tak ragu memilih H. Ahmad Safei memimpin daerah itu selama dua periode. Kini warga Bumi Mekongga menginginkan agar Safei melanjutkan perjuangannya membangun daerah dengan maju sebagai Anggota DPR RI

Dilantik kedua kali sebagai Bupati Kolaka pada 14 Januari 2019 lalu, H. Ahmad Safei bertekad menjadikan otoritanya lebih maju, berkeadilan dan sejahtera. Sehingga tak heran jika pembangunan dan kesejahteraan warga di wilayah otoritanya kini jauh lebih baik.

Sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS), Safei berhasil mendongkrak kesejahteraan warganya dalam lima tahun pertama kepemimpinan. Di tahun 2014 pertumbuhan ekonomi Kolaka yang hanya 0,48 persen meningkat drastis di tahun 2019 menjadi 7,01 persen. Tak hanya itu, ia juga berhasil menekan tingkat kemiskinan yang sebelumnya mencapai 14,99 persen di tahun 2014, turun menjadi 11,51 persen pada 2022 lalu.

Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei (kiri) ketika menerima penghargaan Satya Lencana Pembangunan bidang KKBPK dari Presiden RI yang diserahkan Menko PMK, Puan Maharani, pada puncak Harganas XXVI di Banjarbaru, Kalimantan Selatan tahun 2019 lalu.

Dengan banyaknya karya pembangunan yang kini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menjelang akhir masa jabatan sebagai bupati, maka tak berlebihan jika masyarakat Kolaka menginginkan agar Safei melanjutkan perjuangannya membangun daerah. Di setiap kunjungan kerjanya Safei selalu mendapat dukungan untuk maju sebagai Calon Anggota DPR RI. Kualitas Safei sebagai pemimpin memang tak perlu diragukan. Sebab, selama sembilan tahun memimpin Kolaka, ia telah banyak menghasilkan banyak program yang diakui Pemerintah Pusat (lihat grafis). (fad)

Prestasi dan Penghargaan yang Diterima Pemkab Kolaka dalam Kendali Bupati, H. Ahmad Safei:

  1. BKN Award dari BKN sebagai peringkat I nasional kategori implementasi sisten pelayanan kepegawaian dan pelaksanaan CAT.
  2. Juara I pencegahan dan percepatan penurunan stunting tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.
  3. Kota Layak Anak kategori Madya pada tahun 2022 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.
  4. Piagam penghargaan capaian enam tahun berturut-turut (2016-2021) Opini WTP dari BPK RI terhadap LKPD.
  5. Piagam penghargaan capaian nilai B Sakip oleh KemenPAN-RB selama tahun 2019-2021.
  6. BKN Award kategori kabupaten dengan perencanaan kebutuhan dan mutasi pegawai.
  7. Piagam penghargaan atas pengelolaan aset terbaik dari Kemendagri.
  8. Piagam penghargaan peduli HAM dari KemenkumHAM dari tahun 2015 sampai 2020 yang diserahkan Presiden.
  9. Pencapaian akreditasi Perpustakaan dari tipe C menjadi tipe A tahun 2020.
  10. Piagam penghargaan kota layak anak tahun 2021.
  11. Piagam penghargaan pengelolaan BPJS Kesehatan dari Kemenkes tahun 2018.
  12. Piagam penghargaan pelaporan DAK dari Kemekeu dalam capaian pelaksanaan pengadaan barang dan jasa melalui ULP.
  13. Raihan terbaik sensus penduduk dengan aplikasi web sensus BPS.go.id melampaui target dari 17,85 persen menjadi 25 persen pada tahun 2020.
  14. Meraih penghargaan Manggala Katya Kencana bidang kependudukan dari BKKBN tahun 2017.
  15. Meraih urutan pertama tingkat provinsi dan ke-20 secara nasional penyusunan data nilai dan evaluasi jabatan tahun 2018.
  16. Mendapat penghargaan Satya Lencana bidang kenendudukan dari Presiden RI dalam peningkatan pengendalian penduduk dan KB (tahun 2019).
  17. Meraih nilai CC untuk penilaian indeks reformasi birokrasi dari KemenPAN-RB tahun 2020, satu tingkat di bawah Kota Kendari.
  18. Nilai indeks SPBE Pemkab Kolaka tertinggi se Sulawesi Tenggara dengan angka 3,15 atau kategori baik tahun 2022.
  19. Mendapat nilai indeks 87 atau peringkat kedua se-Sulawesi Tenggara dalam monitoring center for prevention oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada tanggal 17 Januari 2023.
  20. Urutan ke-18 dari 356 kabupaten se-Indonesia dan peringkat pertama di Sultra dalam penilaian Komita Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) untuk indeks daya saing daerah berkelanjutan dengan nilai 59,090 persen. (*)
  • Bagikan