Layanan Dokter Spesialis Mobile Dihelat Dua Kali

  • Bagikan
Muliaddin Anis

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Jika sebelumnya pelayanan dokter spesialis mobile pada tiga pulau di Wakatobi hanya dilakukan selama sekali setahun, maka kini akan ditingkatkan menjadi dua kali. Setiap pulau yakni, Kaledupa, Tomia dan Binongko akan mendapatkan pelayanan dokter spesialis selama dua kali pada tahun 2023 ini. Agendanya direncanakan akan dimulai pada April atau Mei. Rencana tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi, Muliaddin Anis. Ia menjelaskan, tahun ini ada peningkatan pelayanan dokter spesialis mobile di tiga pulau. Rencanaya, untuk trip pertama pelayanan dilakukan antara bulan April atau Mei. Sedangkan pada trip kedua sekitar Oktober mendatang.

“Iya tahun ini ditingkatkan. Sebelumnya hanya satu kali, tahun 2023 ini jadi dua kali. Tinggal kita melihat, nanti kita mulai dari Binongko, Tomia ataukah dari Kaledupa. Atau bisa juga sebaliknya. Nanti teknisnya akan disesuaikan kemudian,” ujar Muliaddin Anis, Jumat (24/2).

Ia menambahkan, pelayanan dokter spesialis mobile ini merupakan komitmen implementasi dari program Merdeka Sehat sebagai salah satu misi unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Program tersebut bertujuan mendekatkan pelayanan dokter spesialis kepada masyarakat Wakatobi, khususnya di tiga pulau tersebut.

“Secara teknis, pelayanan akan dibuka secara bergantian per kecamatan dalam satu pulau. Intinya tiga spesialis dasar tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, yakni dokter ahli penyakit dalam, spesialis anak dan kandungan rencana akan kita bawa ke tiga pulau ini,” tambahnya. Muliaddin Anis bersyukur, berkat dukungan dan komitmen Pemkab Wakatobi, peningkatan frekuensi pelayanan ini bisa ditingkatkan. Dengan hadirnya pelayanan itu, nantinya diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat setempat. Apalagi kegiatan serupa telah dilakukan oleh Pemkab melalui Dinkes Wakatobi pada tahun 2022 lalu dan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. (c/thy)

  • Bagikan