Wujudkan Konsel Hebat, Surunuddin Dorong Peningkatan Kinerja OPD

  • Bagikan
Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga saat blusukan di Desa Panggosi, Kecamatan Tinanggea dan melihat secara langsung hasil pembangunannya. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Anggaran Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) tahun 2023 telah berjalan.


Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mendorong seluruh aparaturnya untuk tancap gas, menunaikan program kerja yang sudah ditetapkan. Program kerja dan kebijakan telah termaktub dalam APBD. Bupati Surunuddin tidak ingin menyia-nyiakan waktu untuk mewujudkan pembangunan daerah yang berporos pada konsep Desa Maju Konsel Hebat.

Bupati Surunuddin Dangga mengatakan telah banyak karya pembangunan dan prestasi yang terealisasi tahun-tahun sebelumnya. Mulai pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia, dan meningkatkan pelayanan kesehatan.

Selain itu, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan ekonomi masyarakat dan mengoptimalkan sistem pelayanan publik menuju lompatan digitalisasi. "Telah banyak yang kita lakukan di tahun kemarin. Tahun 2023 ini, saatnya kita semakin meningkatkan kinerja dengan berinovasi untuk meraih prestasi dan tujuan pembangunan daerah,"ujar Bupati Surunuddin, kemarin.

Menurutnya, peningkatan kinerja yang dibarengi inovasi menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bersama. "Mari eratkan sinergitas, dan bahu membahu membangun daerah menuju Konsel Hebat dan menyejahterakan masyarakat," kata Bupati Surunuddin.

Bupati Konsel dua periode itu menegaskan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Konsel mesti berebut meraih prestasi dan mempertahankan capaian positif yang diperoleh. Karena tanpa prestasi, sebuah daerah tidak adakan diperhitungkan di tingkat nasional, sehingga visi misi Desa Maju Konsel Hebat bukan hanya sebuah jargon semata namun sebagai bukti kerja nyata semua pihak.

"Kita patut berbangga, Konsel bisa bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia dalam inovasi dan terobosan-terobosan. Untuk itu, saya minta seluruh masyarakat Konsel saling bergandengan tangan, terlibat mendukung kinerja dan program pembangunan Desa Maju Konsel Hebat," pinta Bupati Surunuddin.

Mantan Ketua DPRD Konsel itu menyadari, menjalankan pemerintahan tak bisa gegabah. Perlu persiapan matang. Olehnya itu dalam rangka menyinergikan program daerah, Bupati Surunuddin memantau langsung kinerja OPD-nya.

"Saya mendorong pembangunan Konsel Selatan dilaksanakan secara terpadu. Tahun 2023 adalah tahun prestasi dan membangun inovasi dalam pembangunan daerah," tegas Bupati Surunuddin.

Ia menyebut, beberapa poin penting yang menjadi fokus Pemkab Konsel. Sebut saja, menurunkan angka kemiskinan. Selain itu, memetakan potensi unggulan tiap desa sehingga bantuan yang diturunkan tepat guna bagi masyarakat.

"Selanjutnya mendorong pemerintah desa mengelola manajeman Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar sehat, dan pengentasan stunting. Lalu, Pemkab Konsel kini mengarah pada digitalisasi yang akan dimulai dari kabupaten dan mengarah ke kecamatan sampai ke desa-desa dengan mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai," pungkas Bupati Surunuddin. (ndi/b)

  • Bagikan