Percepat Serapan Anggaran!

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Serapan anggaran lingkup Pemerintah Provinsi Sultra tahun 2022 belum optimal. Situasi ini menjadi perhatian serius Gubernur Sulawesi Tenggara, H. Ali Mazi. Makanya, dalam setiap kesempatan, dia menegaskan kepada seluruh jajarannya agar mempercepat proses lelang supaya serapan anggaran maksimal.

Gubernur Ali Mazi menginstruksikan kepada seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mempercepat serapan anggaran tahun 2023. Kalau perlu, sejak Januari ini, lelang proyek sudah dilakukan. "Sanksi tegas akan diberikan kalau ada pimpinan OPD tidak lakukan. Mulai dari teguran hingga diganti (dari jabatan)," tegasnya.

Ali Mazi

Saat rapat beberapa waktu lalu, Ali Mazi mengaku telah memerintahkan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Sultra agar segera menyurati Kepala OPD. Isinya tentang arahan untuk mempercepat lelang proyek.

"Kepala dinas harus segera bekerja. Bila perlu Januari sudah harus action. Jangan ditunda," jelasnya.

Tahun 2023, lanjut dia, semua harus bergerak cepat. Termasuk mempercepat serapan anggaran. "Harapan saya, di 2023 kita bekerja lebih awal dan lebih cepat. Sehingga kita bisa monitoring langsung, mana yang sudah dikerjakan dan belum. Dan apa yang belum kita programkan. Bisa cepat diprogramkan," terangnya.

Tak hanya itu, Ketua Nasdem Sultra ini juga minta, pemenang lelang harus diberikan kepada mereka yang profesional dan bisa bekerja. "Pilih yang benar- benar mampu bekerja. Blacklist kontraktor yang kerjanya tidak becus dan sering bawa-bawa nama gubernur atau keluarga gubernur," imbuhnya. (kam/b)

  • Bagikan