Manfaat Bunga Dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa Saja?

  • Bagikan
Apa saja manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari? Temukan jawabannya di artikel ini.  Bunga termasuk salah satu tumbuhan yang terlihat dari luar. Bagi tumbuhan bunga memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya perkembangbiakan. Bunga terdiri dari beberapa bagian seperti tangkai dasar bunga, kelopak, mahkota, benang sari dan putik. Masing-masing bagian memiliki fungsinya masing-masing. Bunga juga identik dengan keindahan dan aroma yang harum. Tidak mengherankan jika tumbuhan berbunga banyak ditanam untuk bisa menghiasi kebun, taman hingga dipakai sebagai hiasan meja di rumah.  Sebenarnya ada banyak manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari, apa saja? Simak di bawah ini ya!

Aromaterapi dan Pengharum

Manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari yang pertama sebagai aromaterapi dan pengharum. Tidak hanya warna saja yang bisa dimanfaatkan tetapi aroma bunga juga bisa dimanfaatkan Bunga memiliki berbagai macam aroma tergantung dengan jenisnya. Aroma bunga melati sangat berbeda dengan aroma bunga mawar. Aroma bunga juga memberikan perasaan santai dan rileks sehingga bisa dimanfaatkan sebagai aromatherapy. Bahkan bunga juga ada yang dimanfaatkan sebagai pengharum seperti parfum, sabun, shampoo dan pengharum ruangan.

Kesehatan

Manfaat bunga tidak hanya sebatas pada unsur keindahan saja. Bunga memiliki berbagai macam zat yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan. Dengan mengolahnya, bunga bisa dijadikan sebagai obat untuk berbagai penyakit misalnya saja bunga mawar.  Di dalam bunga mawar terdapat zat lain yang bisa dijadikan sebagai bahan baku obat, pelancar haid, menyembuhkan infeksi hingga menjaga elastisitas dan kelembapan kulit. Selain itu mawar juga mengandung banyak zat lain yang bisa membuatnya jadi bahan baku obat seperti pelancar haid, penyembuh infeksi dan sebagainya.

Hampers

Manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya bisa dijadikan sebagai hampers. Seperti toko bunga Cibubur yang menyediakan aneka bunga untuk berbagai macam kebutuhan. Misalnya untuk acara kelahiran, keagamaan dan sebagainya. Selain itu bunga juga bisa dijadikan sebagai karangan bunga untuk berbagai keperluan seperti perayaan acara wisuda, grand opening bisnis dan sebagainya.

Sebagai Bumbu Masak

Tentu Anda tidak menyangka jika bunga bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masak. Ada beberapa jenis bunga yang bisa dijadikan sebagai bumbu masak dan penambah rasa. Misalnya saja kecombrang, bunga telang, cengkeh, bunga lawang dan bunga bawang. Kecombrang bisa dijadikan sebagai sambal, sedangkan cengkeh bisa dijadikan sebagai makanan pedas di negara Eropa. Bentuknya utuh bisa juga bubuk bisa memberi aroma kuat sekaligus hangat.

Bahan Minuman

Bunga juga bisa dimanfaatkan untuk minuman. Sudah banyak minuman dari bunga yang terbukti menyehatkan atau sekedar menghangatkan badan. Bunga yang bisa diseduh dan dijadikan sebagai bahan minuman misalnya bunga telang, bunga melati, rosella, chamomile hingga lavender.

Bahan Obat

Manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari selanjutnya sebagai bahan obat.  Beberapa jenis bunga dimanfaatkan sebagai tanaman obat karena memang memiliki nutrisi yang baik. Misalnya bunga krisan yang digunakan untuk pengobatan sakit kepala dan bunga fuchsia yang digunakan  untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Tanaman Hias

Yang terakhir dijadikan sebagai tanaman hias atau penghias dekorasi ruangan karena sangat identik dengan keindahannya. Bentuk dan warna yang beragam membuat bunga memiliki nilai yang lebih. Toko bunga yang berkualitas seperti Athaya bisa membantu dekorasi ruangan dan dekorasi acara spesial Anda menggunakan bunga-bunga yang indah dan berkualitas, membuat dekorasi ruangan Anda semakin menarik. Kini Anda sudah tahu kan apa saja manfaat bunga dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda membutuhkan bunga untuk kebutuhan atau kelancaran acara, Anda bisa menggunakan jasa Athaya. Athaya siap melayani pembuatan dan pengiriman karangan bunga seperti bunga papan, standing flower atau bunga stand dan krans bunga. Selain itu juga menyediakan pembuatan dan pengiriman rangkaian bunga seperti buket bunga dan bunga meja. Yuk pesan bunga di Athaya sekarang juga!
  • Bagikan