Logistik Didistribusi Jelang Helatan

  • Bagikan
Irwan Kara

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kolaka Timur (Koltim) telah menetapkan hari pemungutan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) pada 83 desa. Agenda pesta demokrasi tersebut akan berlangsung pada tanggal 19 Desember. Rencananya, logistik Pilkades akan mulai didistribusikan mendekati hari H pemungutan suara. Plt. Kepala DPMD Koltim, Irwan Kara, mengatakan, sebelumnya, jadwal ditetapkan tanggal 22 Desember 2022, namun dimajukan tiga hari lebih cepat. Penetepan hari pelaksanaan ditetapkan melalui keputusan bupati Koltim.

Irwan Kara mengaku, logistik Pilkades mulai disalurkan dua hari sebelum pemungutan suara. Seperti surat, bilik, kotak suara dan tinta. "Pendistribusian logistik menunggu gelar pasukan pengamanan pemilihan desa. Masing-masing Panitia Pemilihan Kepala Desa akan mendapat logistik tersebut," kata Irwan Kara, kemarin. Ia mengaku, untuk potensi konflik belum terlihat dan kondisi di masyarakat masih aman dan damai. Irwan Kara berharap, situasi tersebut tetap terjaga hingga hari pemungutan suara.

"Kami cetak surat suara sebanyak 44.050, termasuk contoh dua persen dari wajib pilih. Juga dua persen surat suara pengganti dari total jumlah wajib pilih," sambung Irwan Kara. Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan pada DPMD Koltim, Kusram Maroli, mengatakan, 334 kotak suara sudah disiapkan untuk didistribusikan pada 125 tempat pemungutan suara (TPS) di 83 desa yang mengelar pesta demokrasi. "Kalau total calon kepala desa ada 207 orang. Kami berharap pelaksanaan Pilkades bisa berjalan damai, aman dan melahirkan pemimpin yang amanah," tutup Kusram. (c/kus)

  • Bagikan