DAK Pendidikan tak Bertambah

  • Bagikan
Harmin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pendidikan Kabupaten Buton kembali mendapat kucuran anggaran untuk pembangunan infrastruktur dan operasional pada tahun 2023 mendatang. Sumbernya berasal dari dana alokasi khusus (DAK) anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Totalnya masih sama dengan tahun 2022 ini yakni kurang lebih Rp 25 miliar. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Harmin, mengatakan, DAK itu akan disebar untuk tiga jenjang, yakni Pendidikan Anak Usia Dina (PAUD) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Kami dari Diknas hanya pengelola. Untuk kebutuhannya sesuai permintaan pihak sekolah melalui aplikasi Dapodikdas," kata Harmin, di ruang kerjanya, Selasa (13/12). Ia merinci, total anggaran Rp 25 miliar DAK yang akan masuk 2023 sudah terbagi. Untuk Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Rp 573 juta, PAUD Rp 429 juta, SD Rp 7,7 miliar dan
SMP Rp 16, 4 miliar. "Untuk total keseluruhan kurang lebih sama dengan tahun ini. Tapi kalau perjenjangnya saya kurang hafal, yang jelas sesuai kebutuhan sekolah," terangnya.

Soal realisasi DAK tahun ini, apakah ada penganggaran yang tak terserap, seperti yang terjadi tahun 2021 lalu, Harmin belum bisa menyimpulkan. Sebab proses pekerjaan masih sementara berjalan. "Itu belum. Nanti selesai dulu batas kerja," pungkasnya. (c/lyn)

Sebaran Anggaran dari DAK 2023 :
Total anggaran : Rp 25 miliar

  • Sanggar Kegiatan Belajar : Rp 573 juta
  • PAUD : Rp 429 juta
  • SD : Rp 7,7 miliar
  • SMP : Rp 16,4 miliar
  • Bagikan