Sinergi Wujudkan Kota Layak Anak, Pemkot Kendari Libatkan Perusahaan Swasta

  • Bagikan
Staf Ahli Setda Kota Kendari, Muh Saiful (tengah) pose bersama pengurus APSAI dan peserta rapat. Tampak Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin (berdiri, lima dari kanan) turut hadir.


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari membangun sinergi dengan pelaku usaha dan perusahaan dalam upaya pengembangan Kota Layak Anak. Langkah itu sudah dimulai, kemarin (8/12). Pemkot melakukan sosialisasi dan pembentukan Asosiasi Pengusaha Sahabat Anak Indonesia (APSAI) yang digelar di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari. Pertemuan dipimpin langsung Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Setda Kota Kendari, Muhammad Saiful.

Dia mengatakan, kegiatan ini dilakukan, sebagai upaya meningkatkan peran serta dunia usaha dalam mewujudkan kota layak anak dan pembentukan APSAI di Kota Kendari. Dalam pertemuan itu, juga telah disepakati memilih Ketua APSAI periode 2022/2024 dengab seluruh pengurusnya.

"Dengan terbentuknya pengurus, kita berharap, program pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak, sesuai tugas dan fungsi dunia usaha dalam mendukung Kota Layak Anak bisa cepat terealisasi," harap Muh Saiful.

Terwujudnya kota layak anak di wilayah ini, lanjut dia, perlu dukungan seluruh pemangku kepentingan. Tak terkecuali peran serta perusahaan. Mereka harus menghadirkan tempat khusus yang layak bagi anak-anak di area kantornya. Baik itu area no smoking, tempat bermain anak, maupun tempat untuk menjamin hak anak.

"Sebagai mitra strategis pemerintah daerah untuk mewujudkan kota layak anak, semua harus bersinergi. Bukan saja pemerintah dan dunia usaha, tapi juga lembaga masyarakat, media massa dan forum anak untuk mengedepankan kepentingan terbaik bagi anak," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Kendari Siti Ganef mengatakan, perlu sinergi dan langkah nyata untuk mewujudkan kota layak anak. Apalagi, saat ini hak-hak anak masih banyak yang terabaikan.

"Saat ini, inovasi perlu dilakukan untuk mewujudkan kota layak anak. Tugas ini bukan saja peran satu instansi, tapi semua pihak. Karena itu, mari bersama kita wujudkan kota layak anak," harapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Kendari Pos, Awal Nurjadin yang juga hadir dalam kegiatan ini mengaku, Kendari Pos sangat mendukung lahirnya kota layak anak. Khususnya dalam pemenuhan hak-hak anak di Kota Kendari. (b/rah)

  • Bagikan