Pemkot Lobi Maskapai Penerbangan Turunkan Harga Tiket Pesawat

  • Bagikan
Asmawa Tosepu


-Supaya Turunkan Harga Tiket Pesawat Demi Tekan Inflasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kota Kendari mengalami inflasi tertinggi sepanjang tahun ini. Per November 2022, indeks harga konsumen (IHK) di Kota Lulo mencapai 6,59 persen atau inflasinya tak terkendali. Salah satu pemicunya adalah kenaikan harga tiket pesawat.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu mengungkapkan, inflasi Kota Kendari tertinggi di Sultra. Penyebabnya, salah satunya disumbangkan dari sektor angkutan udara atau kenaikan harga tiket pesawat. "Sektor angkutan udara (kenaikan harga tiket) memberikan andil inflasi sebesar 2,49 persen," ungkapnya, kemarin.

Sebagai bentuk pengendalian, Pemkot telah bersurat kepada seluruh maskapai penerbangan di Kendari untuk menurunkan harga tiketnya. Terlebih menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami berkoordinasi dengan seluruh maskapai yang masuk di Kota Kendari untuk diperhatikan (diturunkan) harga tiket pesawatnya,” jelasnya.

Asmawa yakin, adanya penyesuaian harga tiket pesawat, mampu menekan laju inflasi daerah. Pasalnya, dari beberapa komoditas, hanya jasa transportasi udara paling tinggi menyumbang inflasi.

"Sandang dan pangan masih terkendali. Karena kita selalu melaksanakan monitoring pasar. Pasar murah di kecamatan dan kelurahan. Termasuk berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di sekitar untuk bekerja sama dalam rangka pengendalian inflasi," terangnya.

Berdasarkan informasi dari bagian perekonomian Setda Kota Kendari, harga tiket rute Kendari - Jakarta periode November 2023 mencapai Rp 2 juta/penumpang. Padahal normalnya berkisar antara Rp 1,3 juta - Rp 1,7 juta. (b/ags)

Grafis

Pemkot Bergerak
Menekan Laju Inflasi

Inflasi Tertinggi
-November 2022, Pemkot Kendari mencatat inflasi tertinggi sepanjang tahun
-Indeks harga konsumen mencapai 6,69 persen
-Inflasinya tidak terkendali

Pemicu Kenaikan Inflasi
-Faktor utama penyebab tingginya inflasi karena kenaikan harga tiket pesawat
-Biasanya harga tiket Kendari-Jakarta berkisar Rp 1,3 juta hingga Rp 1,7 juta
-Kini harga tiket pesawat mencapai Rp 2 jutaan/penumpang
-Kenaikan harga tiket menyumbang inflasi sebesar 2,49 persen

Langkah Pemkot Kendari
-Melobi maskapai penerbangan yang beroperasi di Kendari
-Berharap menurunkan harga tiket pesawat
-Apalagi menghadapi momen Natal dan Tahun Baru.

Sumber: Diolah Kendari Pos

  • Bagikan