Lima Pemda Raih Penghargaan BI

  • Bagikan

"Alhamdulillah berkat kerja keras kita semua, bisa meraih penghargaan ini. Penghargaan ini kita dedikasikan untuk pemerintah pusat yang terus memonitoring perkembangan inflasi daerah. Penghargaan ini juga kita dedikasikan untuk seluruh insan Pemkot Kendari yang sudah berkomitmen mengendalikan inflasi di daerah. Ini hasil kerja keras semua pihak," ujar Pj.Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022, kemarin.

Kendati demikian, kata Pj.Wali Kota Asmawa, penghargaan yang diraih bukan akhir dari upaya pengendalian inflasi. Justru sebaliknya, penghargaan ini menjadi pelecut semangat seluruh pihak untuk bersama-sama mengupayakan harga bahan pangan di Kendari tetap terjangkau masyarakat dan menjaga daya beli masyarakat.

"Upaya pengendalian inflasi terus kita lakukan. Misalnya bazar pangan murah di seluruh kecamatan dan kelurahan di Kendari yang sedang berlangsung. Tujuannya agar mendekatkan rantai pasok bahan pangan sehingga harganya tetap terjaga," kata Pj.Wali Kota Asmawa.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengapresiasi lima pemda yang dinilai sukses menjadi partner BI dalam mengendalikan inflasi daerah dan mendukung pengembangan UMKM.

"Kita tahu saat ini Provinsi Sultra mengalami inflasi dikisaran lima persen. Namun ini dialami seluruh wilayah di Indonesia akibat kenaikan harga BBM. Dan kami bersyukur seluruh daerah berusaha menekan angkanya," ujar Wagub Lukman Abunawas, kemarin.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu berharap, penghargaan yang diberikan bisa menjadi motivasi bagi daerah untuk terus menyatukan persepsi dan komitmen menjaga perekonomian daerah terutama masalah inflasi.

Sekedar informasi, pemberian penghargaan Pemkot Kendari dalam Stakeholder Award karena pemkot dinilai sukses mengendalikan inflasi daerah melalui beberapa program diantaranya bazar pangan murah yang dilaksanakan diseluruh kecamatan dan kelurahan.

Selanjutnya, untuk penghargaan kategori pemda mendukung pengembangan UMKM diberikan kepada pemkot karena dinilai sukses mendorong UMKM bertahan dimasa pandemi melalui stimulus bantuan UMKM baik yang penyalurannya melalui APBD Kota Kendari maupun bekerja sama dengan stakholder terkait termasuk Bank Indonesia. (ags/b)

Lima Pemda Raih Penghargaan BI

  • Bagikan