2023 Tetap Fokus Benahi Infrastruktur

  • Bagikan
Muh. Ridwan Zakariah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Rancangan kebijakan umum plafon anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 Kabupaten Buton Utara (Butur) telah diserahkan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) untuk kemudian dibahas dan ditetapkan. Diketahui, desain pembangunan daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur, khususnya peningkatan jalan. Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah, mengungkapkan, dengan memerhatikan potensi geografis wilayah, kondisi capaian indikator makro ekonomi berdasarkan peraturan bupati nomor 23 tahun 2022 tentang rencana kerja menetapkan tema pembangunan, yakni peningkatan kualitas infrastruktur dan sumber daya manusia untuk mendorong produktivitas demi transformasi ekonomi berkelanjutan.

“Tahun 2023 nanti, fokus arah pembangunan peningkatan kualitas infrastruktur jalan, irigasi, air bersih dan sanitasi, perumahan serta jaringan telekomunikasi. Peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing melalui peningkatan kompetensi, pemerataan distribusi tenaga kesehatan dan pendidikan, pengembangan pelatihan keterampilan, peningkatan akses masyarakat terhadap layanan pendidikan dan kesehatan, program halo dokter serta penerapan penurunan stunting,” beber Ridwan Zakariah, Rabu (2/11).

Butur-1 itu menambahkan, selain itu pihaknya fokus pada peningkatan ekonomi yang produktif dan berkelanjutan melalui pengembangan kawasan minapolitan, sektor perikanan, pertanian, peternakan terintegrasi, pengembangan industri dan perdagangan pariwisata. "Arah prioritas pembangunan daerah tahun 2023 selanjutnya dijabarkan dalam bentuk program dan kegiatan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan tentang pedoman penyusunan APBD,” tandasnya. (c/had)

  • Bagikan