Asmawa Bentuk Satgas Kebersihan Kota Kendari

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu (kedua dari kanan) didampingi Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala (kanan) saat rapat persiapan menghadapi penilaian Adipura di Kantor Wali Kota Kendari, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala DLHK Kota Kendari Nismawati mengungkapkan 13 instrumen penilaian Adipura meliputi pasar, RSUD Kota Kendari, perkantoran, sekolah, pelabuhan, terminal, dan taman kota. Selain itu, hutan kota, jalan arteri dan protokol, sungai, kampung iklim, permukiman dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Nismawati telah berkoordinasi dengan OPD terkait untuk mulai menata dan mengawasi lingkungan agar kebersihannya tetap terjaga. Ia mencotohkan, untuk satuan tingkat pendidikan SD dan SMP menjadi tanggungjawab Dikmudora. Untuk SMA akan dikoordinasikan dengan Dikbud Sultra dan tingkat perguruan tinggi menjadi tanggungjawab DLHK Kota Kendari.

"Begitupun beberapa sarana lainnya seperti pelabuhan dan terminal menjadi tanggungjawab Dinas Perhubungan. Lalu, RSUD tanggungjawab rumah sakit dan Dinkes. Begitupun pasar menjadi tanggungjawab Perumda Pasar," jelas Nismawati.

Wanita yang karib disapa Nisma itu meyakini, terorganisirnya persiapan menghadapi penilaian adipura membuatnya optimistis Kendari bisa meraih penghargaan tertinggi pengelolalaan lingkungan dari Kementerian LHK itu.

Sekedar informasi, rapat persiapan menghadapi penilaian Adipura di Kantor Wali Kota Kendari digelar Pemkot Kendari, baru-baru ini. Pemkot Kendari telah meraih 10 kali penghargaan Adipura secara berturut-turut. Terakhir diraih pada 2019 lalu untuk kategori Kota Sedang. (ags/b)

  • Bagikan