Festival Hepontuda’a Kaledupa Lestarikan Kearifan Lokal

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, Haliana saat menghadiri Festival Hepontuda'a Barata Kahedupa 2022. Kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati, Ilmiati Daud, Lakina Barata Kaledupa dan sejumlah anggota DPRD.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Memeringati hari jadi ke-762 Barata Kahedupa (Kaledupa), Komunitas Anamoane dan Kalambe Kahedupa menggelar Festival Hepontuda’a Barata Kahedupa 2022. Kegiatan tersebut sudah dibuka sejak akhir pekan lalu dan akan berlangsung selama tujuh hari, hingga 22 Oktober. Bupati Wakatobi, Haliana, yang membuka secara resmi acara ini mengaku bangga dengan kolaborasi komunitas kreatif, stakeholder terkait dan Lembaga Adat Barata Kahedupa. Semua bergerak bersama melestarikan budaya tradisional Pulau Kaledupa.

Wakatobi-1 itu menambahkan, masyarakat Wakatobi harus bersyukur diberikan budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang sangat kaya. Ia berharap budaya tidak hanya diperingati tetapi tetap dilestarikan dan dicatatkan. “Pada Minggu (16/10) lalu, di Lapangan Ambeua Pulau Kaledupa, saya menghadiri Festival Hepontuda’a dalam rangka milad ke-762 Barata Kahedupa. Festival ini digagas oleh Komunitas Anamo'ane dan Kalambe Kaledupa. Saya sangat bangga dengan kolaborasi ini,” ujar Haliana, Selasa (18/10).

  • Bagikan